Kabupaten Magelang Bakal Punya MAJT Juga

Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT akan dibangun di Jl. Raya Soekarno-Hatta, Sawitan, Kota Mungkid, ibu kota Kabupaten Magelang.

Kabupaten Magelang Bakal Punya MAJT Juga Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang Sugiyono. (Antara-Heru Suyitno)

Semarangpos.com, MUNGKID — Masjid Agung Jawa Tengah selama ini identik dengan Kota Senarang sebagai ibu kota Jateng. Namun, selanjutnya MAJT bukan monopoli Semarang. Kabupaten Magelang juga bakal punya masjid sekelas.

Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT rencananya akan dibangun di Jl. Raya Soekarno-Hatta, Sawitan, Kota Mungkid, ibu kota Kabupaten Magelang. Demikian diungkapkan Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, Sugiyono.

“Saat ini, sebagian lahan yang akan digunakan tersebut telah berdiri Masjid Agung An-Nuur,” katanya, Rabu (12/2/2020).

Ada Enam Janda Baru di Jepara Setiap Harinya

Ia menjelaskan dalam visi misi Bupati Magelang Zaenal Arifin dan Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana ada pembangunan islamic center. Rencana pembangunan tersebut untuk mewujudkan visi terwujudnya Kabupaten Magelang yang sejahtera, punya daya saing, dan amanah.

“Selain itu juga mewujudkan kehidupan beragama dan akhlak mulia dengan implementasi salah satunya pembangunan islamic center yang sudah masuk dalam RPJMD. Kemudian di RPJMD provinsi, ada pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang,” terangnya.

Terkait dengan RPMJD tersebut, lanjutnya Pemkab Magelang melakukan koordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah mengusulkan agar pembangunan masjid agung lokasinya di kompleks Masjid An-Nuur yang juga direncanakan dibangun islamic center.

Jateng Bebaskan Denda Pajak dan BBN Kendaraan Bermotor

Islamic center itu konsepnya ada bangunan masjid agung, kemudian ada sarana prasana untuk berikutnya bisa untuk kegiatan keislaman lainnya, termasuk bisa untuk pengajian akbar, manasik haji, untuk pertemuan-pertemuan dan pernikahan. Selain itu, ada kegiatan ekonomi mungkin UMKM,” terangnya.

Ia menyampaikan permohonan Pemkab Magelang dikabulkan dan Masjid Agung Jawa Tengah dibangun di kompleks Masjid An-Nuur. Nantinya Masjid Agung Jawa Tengah tersebut akan dibangun di lahan seluas 5 ha.

Pemkab Magelang, katanya, telah memiliki lahan sekitar 1,6 ha sehingga masih ada kekurangan lahan seluas 3,4 ha. Lahan yang akan dibangun Masjid Agung Jawa Tengah berada di kompleks Masjid Agung An-Nuur.

Truk & Mobil Kecelakaan di Bawen Bak Film Transformers

Masjid Agung An-Nuur menempati lahan seluas 6.095 m2. Selanjutnya, Pemkab Magelang pada tahun 2018 membeli tanah seluas 7.513 m2 dan tahun 2019 membeli lagi seluas 3.483 m2. Total tanah yang dimiliki Pemkab Magelang 1,6 ha, sehingga masih kurang 3,4 ha dan akan dicukupi oleh Pemprov Jateng.

Sugiyono mengatakan pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah tersebut akan dilakukan Pemprov Jawa Tengah, termasuk pula mengenai desain masjid, pihaknya masih menunggu hasil sayembara desain tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.