Ki Ageng Pandanaran Pernah Jadi Bupati Semarang yang Tamak?

Bupati Semarang pada masa kesultanan Demak, Ki Ageng Pandanaran, ada kalanya dianggap sebagai pemimpin yang tamak dan egois. Benarkah?

Ki Ageng Pandanaran Pernah Jadi Bupati Semarang yang Tamak? Ilustrasi Ki Ageng Pandanaran atau seorang Bupati Semarang pada Masa kesultanan Demak yang pernah menjadi pemimpin tamak dan egois. (Youtube—Dongeng Kita)

Semarangpos.com, SEMARANG — Ki Ageng Pandanaran adalah seorang bupati di Semarang pada masa kesultanan Demak. Namun ternyata, dalam masa jabatannya, ada kalanya ia menjadi pemimpin yang tamak dan egois. Benarkah demikian?

Seperti yang dihimpun Semarangpos.com dari Youtube channel Dongeng Kita, Senin (8/6/2020), Ki Ageng Pandanaran dikenal juga sebagai penyebar agama Islam di Semarang. Lelaki yang dikenal juga sebagai Sunan Tembayak itu merupakan anak dari Harya Madya Pandan atau bupati pertama di Semarang.

Setelah sang ayah wafat, ia pun menggantikan diri menjadi seorang pemimpin. Pangeran Mangkubumi adalah nama asli lelaki tersebut. Setelah ia diangkat menjadi bupati oleh Sultan Trenggono–seorang pemimpin kesultanan Demak—barulah ia mendapat gelar Ki Ageng Pandanaran.

Sara Wijayanto Diajak Penjaga Alas Ketonggo Kunjungi Petilasan Brawijaya V  

Menurut cerita yang tersebar, gelar tersebut dicetuskan oleh Sunan Kalijaga dan Jaka Tingkir yang saat itu menjadi seorang penasihat kesultanan. Semasa kepemimpinannya, ia berhasil membuat Semarang menjadi kota yang sejahtera.

Ia membangun rumah ibadah dan melanjutkan penyebaran agama Islam di penjuru kota. Tugasnya sebagai seorang bupati ia lakukan dengan sepenuh hati. Namun, Ki Ageng Pandanaran juga sama dengan manusia pada umumnya.

Ia tergoda dengan kekuasaan dan harta yang ia miliki saat itu. Terbesit perasaan jahat seperti ketamakan dan keegoisan dalam di bupati itu.

Indah Namun Berbahaya, Yuk Intip White Canyon di Grobogan…

Suatu hari, datanglah seorang lelaki tua dengan pakaian compang-camping menawarkan rumput untuk kudanya. Karena sedang dalam suasana yang gembira, ia dengan senang hati menyuruh lelaki tua itu untuk memberikan makan peliharaannya.

Ditolak Penjual Rumput

Benar saja, kuda-kuda miliki Ki Ageng Pandanaran makan dengan lahap. Melihat hal itu, si bupati memberikan tawaran pekerjaan kepada lelaki tua itu. Namun, si penjual rumput langsung menolak dengan alasan, ia lebih kaya ketimbang Pandanaran.

Mendengar jawaban si penjual rumput, Bupati Semarang itu langsung murka. Dengan sombong ia menyuruh lelaki tua itu untuk menunjukkan kekayaannya.

Ini Dia Spot Wajib Bila Berlibur ke Kota Lama Semarang

Tanpa banyak bicara, si penjual rumput langsung mencangkul tanah. Ajaibnya, setiap selesai mencangkul, selalu keluar bongkahan emas dari dalam tanah. Melihat itu Pandanaran terkejut dan penasaran dengan sosok tersebut.

Begitu si penjual rumput menunjukkan dirinya, Pandanaran semakin kaget. Ia langsung bersimpuh begitu tahu jika sosok dibalik lelaki tua itu adalah Sunan Kalijaga. Dirinya meminta maaf karena tidak mengenali penasihat kesultanan itu.

Setelah diberi wejangan oleh Sunan Kalijaga, terbukalah hati Ki Ageng Pandanaran dan menjadi pemimpin yang berhati mulia kembali. Ia menggunakan jabatan yang diberikan oleh Kesultanan Demak dengan sebaik mungkin tanpa rasa tamak dan egois.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.