Tutup Iklan

Pancen Maen Permudah Adminduk Kebumen

Aplikasi adminduk bernama Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Online Masyarakat Kebumen alias Pancen Maen diluncurkan.

Pancen Maen Permudah Adminduk Kebumen Bupati Kebumen Yazid Mahfudz meluncuran aplikasi Pancen Maen, Selasa (25/8/2020). (Instagram-Humaskebumen)

Semarangpos.com, KEBUMEN — Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, Selasa (25/8/2020), meluncuran aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis daring. Aplikasi adminduk tersebut bernama Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Online Masyarakat Kebumen alias Pancen Maen.

Peluncuran aplikasi adminduk dalam jaringan alias daring Pancen Maen itu dilakukan di Hotel Mexolie Kebumen. Acara tersebut dihadiri pula oleh Direktur Pengelola Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri Astavipiyono  dan Kasi Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Provinsi Jawa Tengah Nur Kholis.

Bupati Kebumen mengatakan inovasi ini merupakan salah satu komitmen pelayanan publik Pemkab Kebumen untuk lebih mendekatkan dan mempermudah proses pelayanan admiduk. “Komitmen ini dimaksudkan agar pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik dan lebih memudahkan masyarakat,” ujar Yazid Mahfudz.

Ini Sebab Bandung Bondowoso Habisi Nyawa Ayah Roro Jonggrang

Yazid Mahfudz juga mengatakan aplikasi ini mutlak dilakukan oleh masyarakat. “Dengan adanya pelayanan secara online dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan dapat dilakukan dari rumah, ” katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kebumen Maskhemi menjelaskan pihaknya terus membuat inovasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.  “Jadi warga tidak usah ke Kantor Capil, layanan ini bisa dilakukan dimanapun dengan menggunakan ponsel,” terang Maskhemi.

Tak Lagi Antre

View this post on Instagram

Bupati Kebumen Luncurkan Aplikasi Kependudukan "Pancen Maen" KEBUMEN – Bupati KH Yazid Mahfudz, meluncurkan aplikasi Pancen Maen (Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Online Masyarakat Kebumen). Peluncuran aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis daring dilakukan di Hotel Mexolie Kebumen, Selasa, 25 Agustus 2020. Pada kesempatan itu, juga ada dua inovasi baru lainnya yang diluncurkan, yaitu Kios Pelanduk dan Pulpen ASN. Bupati mengatakan inovasi ini merupakan salah satu komitmen pelayanan publik Pemkab Kebumen untuk lebih mendekatkan dan mempermudah proses pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. "Komitmen ini dimaksudkan agar pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik dan lebih memudahkan masyarakat," ujar Yazid Mahfudz. Menurutnya, inovasi layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat mutlak dilakukan. "Dengan adanya pelayanan secara online dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan dapat dilakukan dari rumah, " katanya. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen Maskhemi, menjelaskan pihaknya terus membuat inovasi guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store dengan nama Pancen Maen. Berbagai layanan kependudukan yang bisa dakses melalui aplikasi Pancen Maen, meliputi akta kelahiran, akta kematian, cetak KTP elektronik, KK. Kemudian, perpindahan keluar, kedatangan, KIA (Kartu Identitas Anak) hingga sinkronisasi data dengan instusi lain (BPJS, Perbankan, Kemenag dll). "Jadi warga tidak usah ke Kantor Capil, layanan ini bisa dilakukan dimanapun dengan menggunakan ponsel," terang Maskhemi. Tak hanya itu, pemohon juga bisa melakukan pencetakan seluruh dokumen kependudukan (kecuali KTP-elektronik dan Kartu Identitas Anak atau KIA) sendiri. Dengan menggunakan kertas HVS 80 gram berwarna putih dengan ukuran A4. Penggunaan kertas ini untuk pencetakan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perceraian dan lain-lain, kecuali Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

A post shared by Humas Pemkab Kebumen (@humaskebumen) on

Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat tidak perlu mengantre untuk mengurus dokumennya. Masyarakat hanya perlu datang satu kali ke Dinas Dukcapil saat pengambilan dokumen yang sudah jadi.

Berguru ke Nyai Rara Kidul, Dewi Lanjar Jadi Ratu Pantai Utara

Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store dengan nama Pancen Maen. Berbagai layanan kependudukan yang bisa dakses melalui aplikasi Pancen Maen meliputi akta kelahiran, akta kematian, cetak KTP elektronik, Kartu Keluarga.

Bukan hanya itu, pemohon juga bisa melakukan pencetakan seluruh dokumen kependudukan sendiri dengan menggunakan kertas HVS 80 gram berwarna putih dengan ukuran A4. Penggunaan kertas ini untuk pencetakan Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perceraian, kecuali Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Sedangkan untuk mengecek keaslian dokumen kependudukan, dapat dilakukan dengan memindai kode quick response (QR code) pada tanda tangan elektronik yang ada pada masing-masing dokumen kependudukan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.