Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Semarang Sembuh

Pasien positif virus corona di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah dirawat di RSUD K.R.M.T.  Wongsonegoro, Kota Semarang.

Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Semarang Sembuh Ilustrasi virus corona jenis baru atau covid-19. (Freepik)

Semarangpos.com, UNGARAN — Seorang pasien positif Covid-19 di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dinyatakan sembuh. Pasien itu adalah seorang perempuan 46 tahun warga Kecamatan Ungaran Timur. Sebelumnya, pengidap virus corona itu dirawat sepekan di RSUD K.R.M.T.  Wongsonegoro, Kota Semarang.

Bupati selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Semarang, Mudjirin, memastikan warga tersebut kini sudah kembali ke rumhanya. “Yang harus dilakukan kini warga di lingkungan tidak mengucilkannya,” ujar Mudjirin, Kamis (2/4/2020).

Mudjirin juga memastikan dari hasil pemeriksaan terakhir sebelum pulang, pasien tersebut sudah dinyatakan bebas Covid-19. Walau satu pasien dinyatakan sembuh, pihaknya juga menegaskan masyarakat tidak boleh menyepelekan virus corona.

Berbuat Cabul ke Bocah 7 Tahun, Warga Grobogan Dicokok Polisi

Protokol seperti rutin mencuci tangan serta menjaga jarak sosial dan fisik harus terus dilakukan. Sementara itu, berdasarkan pantauan pada laman corona.semarangkab.go.id, Kamis sore, disebutkan ada 362 warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP). ODP kumulatif berjumlah 381 orang, 19 orang di antara mereka telah selesai masa pemantauan 14 hari.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih menunggu hasil laboratorium berjumlah sembilan orang. PDP kumulatif berjumlah 18 orang, sembilan orang di antara mereka sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Pertimbangkan Salatiga

Dia mengatakan spesimen dari sembilan PDP sudah dikirim ke Jakarta. Spesimen itu akan diperiksa di laboratorium milik Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta. Ke depan, Pemkab Semarang mempertimbangkan opsi pengiriman spesimen ke Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) di Kota Salatiga.

Karpet Digulung Karena Virus Corona, Inskripsi Masjid Menara Kudus Tersingkap

Mudjirin menambahkan pemerintah kabupaten melalui Dinas Sosial Kabupaten Semarang sudah menyiapkan ribuan paket sembako untuk warga berstatus ODP maupun PDP yang harus menjalani isolasi mandiri. Paket sembako juga rencananya akan diberikan kepada masyarakat katagori miskin maupun rentan miskin sesuai data yang dikantongi Dinas Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Semarang, Gunadi, menambahkan sasaran utama paket sembako itu adalah para pekerja harian yang terdampak langsung secara ekonomi akibat Covid-19. Paket sembako juga menyasar buruh pabrik, pedagang kaki lima (PKL), dan pelaku usaha kecil menengah (UKM).

“Isi paket sembako itu berupa beras, minyak goreng, telur, mi instan, dan teh,” terang Gunadi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.