Pilkada 2020: PDIP Tak Pasang Target Sapu Bersih di Jateng

PDIP tak memasang target kemenangan sapu bersih di 21 daerah di Jawa Tengah (Jateng) pada Pilkada serentak 2020.

Pilkada 2020: PDIP Tak Pasang Target Sapu Bersih di Jateng Suasana Rakerda PDIP Jateng di Panti Marhaen, Kota Semarang, Sabtu (15/2/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak mau jemawa dengan menargetkan kemenangan sapu bersih pada Pilkada 2020 di Jawa Tengah (Jateng).

Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP, Puan Maharani, menyebut Jateng merupakan kandang banteng atau basis kekuatan terbesar PDIP. Hal itu pun dibuktikan dengan pencapaian partai berlambang banteng itu pada Pemilu 2019 yang mampu meraih 26 kursi dari 77 kursi Senayan atau DPR yang diperebutkan.

Kendati demikian, bukan berarti PDIP bisa meraih kemenangan 100% pada Pilkada 2020 nanti. Terlebih, politik bersifat dinamis dan sering berubah-ubah.

“Sebagai pimpinan partai saya sih ingin menang semua. Tapi, saya realistis. Enggak mungkin sapu bersih. Paling 70%,” ujar Puan saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP Jateng di Kantor DPD PDIP Jateng, Kota Semarang, Sabtu (15/2/2020).

Sah! Gibran Jadi Balon Wali Kota Solo Lewat DPD PDIP Jateng

Puan menambahkan bagi PDIP saat ini yang terpenting adalah berusaha semaksimal mungkin memenangkan calon yang diusung. Rekomendasi PDIP terhadap calon yang diusung pun rencana diumumkan mulai pekan depan.

“Pekan depan rekomendasi akan kita keluarkan, secara bertahap. Saya minta semua menghormati hasilnya. Kita harus tetap solid bergerak bersama memenangkan PDIP dengan calon yang diberikan rekomendasi,” tegas cucu Presiden Pertama RI Soekarno itu.

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto, mengaku sudah melakukan pemetaan kekuatan partainya pada Pilkada 2020 ini. Dari 21 daerah di Jateng yang menggelar Pilkada 2020, ada sekitar 15 daerah yang ditargetkan bisa dimenangi calon dari PDIP.

“Kans kita menang di 15 daerah dari 21 daerah yang menggelar pilkada. Daerah mana saja? Itu dapur partai, enggak bisa disebutkan di sini,” ujar pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu.

Kendati demikian, Bambang menyebut ada beberapa daerah yang kans PDIP menang sangat besar. Salah satunya adalah Kota Semarang, di mana calon yang diusung PDIP, Hendrar Prihadi, diprediksi tak memiliki pesaing.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.