PSBB Berakhir, Kota Tegal Nihil Kasus Positif Covid-19

Pembatasan Sosial Berskala Besar Kota Tegal atau PSBB berakhir hari ini setelah sebelumnya diberlakukan selama dua tahap.

PSBB Berakhir, Kota Tegal Nihil Kasus Positif Covid-19 Balai Kota Tegal, Kamis (21/5/2020). (detikcom-Imam Suripto)

Semarangpos.com, Kota Tegal — Pembatasan Sosial Berskala Besar Kota Tegal atau PSBB berakhir hari ini setelah sebelumnya diberlakukan selama dua tahap. Wali Kota Tegal, Dedy Yon mengungkap wilayahnya telah bersih dari kasus positif virus Corona atau COVID-19.

“PSBB yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Tegal, secara signifikan berhasil menekan penyebaran CovidID-19. Hal itu terbukti per 19 Mei 2020 Kota Tegal nol positif Covid-19,” ujar Dedy kepada wartawan di kantornya, Kamis (21/3/2020) malam.

Meski begitu, Dedy mengatakan meski PSBB berakhir akan tetap mengantisipasi kemungkinan penyebaran kembali virus Corona di wilayahnya.

1.037 Perusahaan Di Jateng Sulit Bayar THR ke Buruh, Aliansi Geram Dirikan Posko Pengaduan

“Namun Pemerintah Kota Tegal perlu melaksanakan ketentuan PSBB guna mengantisipasi penyebaran kembali COVID-19,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Tegal, M. Jumadi mengatakan warga dilarang keluar rumah pada siang hari ini. Sebab Pemkot Tegal akan menyemprot disinfektan secara massal.

Penyemprotan disinfektan akan melibatkan puluhan mobil water Canon dari Polda Jawa Tengah. Bahkan, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriono akan ikut menyemprot disinfektan dari udara melalui helikopter.

Pemkab Grobogan Raih Opini WTP Kali Kelima dari BPK, Ini Rahasianya…

Sesuai jadwal, Dedy Yon Supriono terbang dengan helikopter dari lapangan Tegal Selatan seusai Salat Jumat. Helikopter ini akan terbang mengitari empat kecamatan wilayah Kota Tegal sambil menyiram disinfektan dan turun di Alun-alun Kota Tegal.

“Penyemprotan disinfektan massal melalui darat dan udara dimaksudkan guna menuntaskan dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kota Tegal,” jelasnya.

Gelar Sidak

Sebagai antisipasi penyebaran Corona, sebelumnya Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan sidak ke sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Tegal, Jawa Tengah. Hal itu karena pengunjung mulai ramai berbelanja menjelang Lebaran.

Operasi Ketupat Candi 2020 di Tol Pejagan Brebes Berhasil Halau 4.722 Kendaraan Pemudik

Pusat perbelanjaan di Kota Tegal mulai buka kembali seiring diberlakukan relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pantauan detikcom di Pacific Mall hari ini, tampak kendaraan para pengunjung tak hanya berasal dari Kota Tegal saja, tapi juga Kabupaten Tegal dan Brebes.

Sementara itu sebelum pintu masuk mal, tampak petugas melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung. Di dalam mal, petugas juga ditempatkan di area kasir untuk mengawasi dan membantu mengatur jarak antrean.

Dinas Kesehatan yang tergabung dalam Gugus Tugas menggelar sidak guna mengantisipasi terjadinya penularan virus Corona. Petugas kemudian memeriksa pengunjung secara acak di tiga pusat perbelanjaan di Kota Tegal.

Enthit Perang Tandhing Panji Gunung Sari, Sapa Kang Menang?

Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi yang memimpin sidak mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kewajiban Pemerintah Kota Tegal bersama Dinas Kesehatan untuk memantau pengunjung mal. Harapannya, pengunjung yang datang ke mal itu dalam kondisi aman dan sehat.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.