PT Kereta Api Siagakan Rail Clinic, Apa Maksudnya?

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiagakan Rail Clinic atau kereta kesehatan.

PT Kereta Api Siagakan Rail Clinic, Apa Maksudnya? Petugas kesehatan sedang memberikan penyuluhan kesehatan pada para penumpang KA Kaligung di Stasiun Tawang, Semarang, Kamis (5/3/2020). (Semarangpos.com-Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Semarangpos.com, SEMARANG – Merebaknya kasus virus corona atau Covid-19 membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) meningkatkan kewaspadaan. Salah satu upaya itu ditunjukkan PT KAI dengan menyiagakan kereta kesehatan atau yang akrab disebut Rail Clinic dan kereta inspeksi.

Rail Clinic dan kereta inspeksi ini bahkan sudah mulai dioperasikan di jalur lintas utaran dan selatan Jawa mulai Kamis-Senin (5-9/3/2020).

“Dijalankannya Rail Clinic dan kereta inspeksi mengelilingi Pulau Jawa merupakan upaya kami agar tidak terjadi penyebaran virus corona di area stasiun maupun kereta api,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Kamis (5/3/2020).

Kereta Api Semi Cepat Lintasi Jateng, Semarang-Jakarta Hanya 3 Jam

Selain menyiagakan Rail Clinic dan kereta inspeksi, PT KAI juga akan menjalankan pemeriksaan kesehatan bagi penumpang, membagikan masker, dan pamflet terkait virus corona.

Selain itu, PT KAI juga akan menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di stasiun-stasiun.

Layanan itu diberikan di Stasiun Semarang Poncol, Cirebon, Depok, dan Bogor. Sedangkan kereta inspeksi akan melayani penumpang di Stasiun Bandung, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Yogyakarta, Solo, Madiun, Mojokerto, Surabaya Gubeng, Bojonegoro, Purwokerto, dan Pasar Senen.

Ditolak Surabaya, Kapal Viking Sun Dilarang di Semarang

Edi menambahkan selain memberikan pelayanan terhadap penumpang, pihaknya juga menginstruksikan jajarannya untuk menjaga kebersihan kereta. Kereta akan dicuci secara rutin setiap harinya dengan menggunakan bahan kimia untuk menjaga sterilisasi.

Hand sanitizer juga mulai kami sediakan di stasiun, kereta makan, pos kesehatan, kantor, dan titik-titik lainnya,” tambah Edi.

Edi menambahkan, KAI juga menyediakan pos kesehatan di 89 stasiun di Jawa dan Sumatra. Edi juga mengimbau kepada penumpang yang dalam kondisi tidak fit agar tidak memaksakan naik kereta api.

Selain itu Edi juga berpesan kepada penumpang untuk melapor kepada petugas stasiun atau kondektur jika merasa tidak sehat, sehingga dapat ditindaklanjuti petugas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.