RS di Semarang Siap Tampung Pasien Covid-19 dari Kudus

Sejumlah rumah sakit atau RS di Semarang seperti RSUP dr Kariadi dan RSUD Wongsonegoro siap menampung pasien Covid-19 dari Kudus.

RS di Semarang Siap Tampung Pasien Covid-19 dari Kudus RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang atau yang populer disebut RS Ketileng merawat satu pasien positif virus corona. (rsud.semarangkota.go.id)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sejumlah rumah sakit di Kota Semarang siap menjadi tempat rujukan perawatan atau isolasi bagi pasien Covid-19 dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Sejumlah rumah sakit di Kota Semarang saat ini memang tengah disiapkan menampung pasien Covid-19 dari Kudus. Kasus Covid-19 di Kudus dalam beberapa hari terakhir memang mengalami lonjakan.

Beberapa rumah sakit di Semarang yang diproyeksikan menampun pasien Covid-19 di Kudus itu antara lain RSUP dr. Kariadi dan RSUD KRMT Wongsonegoro.

Baca juga: Bukan Hanya Kudus, Sejumlah Daerah di Jateng Ini Juga Alami Lonjakan Covid-19

Pegawai Humas RSUP dr. Kariadi Semarang, Parna, mengaku RSUP Kariadi siap menampung pasien Covid-19 dari Kudus. Terlebih lagi saat ini tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 atau bed occupancy rate di RSUP Kariadi baru sekitar 60%.

“Kami siap menerima [pasien Covid-19 dari Kudus], tapi hingga saat ini belum ada satu pun pasien rujukan dari Kudus,” ujar Parna kepada wartawan di Kota Semarang, Sabtu (29/5/2021).

Senada juga disampaikan Kepala Seksi Keperawatan RSUD KRMT Wongsonegoro, Philop Purwo Rahyono. Pihaknya mengaku saat ini sudah ada tujuh pasien dari Kudus yang dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro.

Philip menyebutkan total pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Wongsonegoro atau yang populer dikenal dengan sebutan RS Ketileng itu sekitar 100 orang. Perinciannya, 61 pasien dari Kota Semarang dan 39 pasien dari luar Kota Semarang.

“39 orang dari luar kota itu mayoritas dari Demak. Tapi, ada tujuh orang yang berasal dari Kudus dirawat di sini,” ujarnya.

38 Tempat Tidur

Philip mengaku pihak RSUD Wongsonegoro menjemput langsung tujuh pasien dari Kudus itu dengan menggunakan ambulans. Proses penjemputan dilakukan Jumat (28/5/2021).

Dari tujuh pasien itu, tiga di antaranya dirawat di ruang ICU. Sementara sisanya menjalani perawatan di ruang isolasi biasa.

Baca jugaDinkes Jateng: Tidak Ada Kasus Kematian Akibat Vaksin Covid-19

Philip mengaku untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19, RSUD Wongsonegoro telah menambah tempat tidur di ruang ICU. Jika semula ruang ICU hanya memiliki 24 tempat tidur, kini ditambah 14 tempat tidur menjadi 38 tempat tidur.

Ke-14 tempat tidur baru itu juga telah dilengkapi peralatan standar ICU seperti HNFC dan ventilator. Peralatan itu akan membantu pasien Covid-19 yang mengalami sesak atau kesulitan bernafas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.