Salatiga Andalkan Andil Satpol PP dalam Mitigasi Bencana

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengharapkan jajaran satuan polisi pamong praja Satpol PP di wilayahnya berperan dalam mitigasi bencana.

Salatiga Andalkan Andil Satpol PP dalam Mitigasi Bencana Wali Kota Salatiga, Yuliyanto saat upacara di Halaman Kantor Setda setempat, Senin (9/3/2020). (Jatengprov.go.id)

Semarangpos.com, SALATIGA — Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengharapkan jajaran satuan polisi pamong praja di wilayahnya berperan dalam mitigasi bencana. Harapan itu ia kemukakan saat memimpin upacara yang diikuti personel elemen-elemen Satpol PP di halaman kantor setda setempat, Senin (9/3/2020).

Upacara itu digelar sekaligus untuk memperingati hari ulang tahun ke-70 Satpol PP, ulang tahun ke-58 Perlindungan Masyarakat (Linmas), dan hari ulang tahun ke-101 Pemadam Kebarakan (Damkar). Yuliyanto mengakui upaya mitigasi itu dapat dilakukan dengan pemberian pelatihan kepada masyarakat, maupun bekerja sama dengan institusi pendidikan.

Menurut Yuliyanto, tiga elemen dalam tubuh satuan polisi pamong praja (Satpol PP), yakni Satpol PP sendiri, Perlindungan Masyarakat (Linmas), dan pemadam kebakaran (damkar) wajib berperan dalam upaya mitigasi bencana. Upaya itu menjadi bagian dari tugas utama Satpol PP sebagai pengayom masyarakat.

Cerita di Balik Rumah Akar Kota Lama yang Instagramable

“Satpol PP harus selalu hadir sebagai garda depan saat penanganan bencana dan penegakan penertiban di masyarakat, tanpa mengenal lelah.  Kalau pemadam harus bekerja 24 jam dengan potensi kerawanan yang bisa saja muncul dan mereka harus siap,” papar orang nomor wahid di Kota Salatiga itu.

Dedikasi Damkar

Yuliyanto sempat pula memberikan apresiasi untuk pasukan pemadam kebakaran di kotanya. Para personel damkar menurutnya harus memiliki dedikasi tinggi untuk menjalankan tugas dengan baik dan beradab.

2 Gadis Indigo Akui Taman Wonderia Semarang Tak Pernah Sepi

“Petugas pemadam kebakaran bukan cita-cita melainkan sebuah panggilan hati. Dalam menjalankan tugas harus selalu ikhlas dan sabar. Mereka harus bisa meningkatkan kemampuan diri dan disiplin. Hal ini butuh konsistensi berkelanjutan,”jelasnya

Wali Kota Yuliyanto selanjutnya berpesan agar peringatan itu dijadikan jajaran Satpol PP Salatiga sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian para aparatur negara untuk penertiban, perlindungan masyarakat, dan peningkatkan profesionalisme.

Terpisah, Kepala Satpol PP Salatiga, Yayat Nurhayat, menyebutkan Satpol PP berusaha bekerja secara optimal dengan merespons cepat kebutuhan masyarakat. Apalagi yang berhubungan dengan ketertiban di masyarakat. Misalnya dengan terlibat dalam kegiatan inspeksi mendadak (sidak) dan penertiban.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.