Sepanjang 2020, Jateng Ekspor 330 Ton Kopra

Komoditas pertanian, kopra, asal Jateng sangat diminati pasar mancanegara bahkan sepanjang 2020 telah diekspor sebanyak 330 ton.

Sepanjang 2020, Jateng Ekspor 330 Ton Kopra Petugas Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang tengah mengecek kopra yang akan diekspor ke luar negeri di kantornya, beberapa waktu lalu. (Semarangpos.com-Balai Karantina Pertanian Semarang)

Semarangpos.com, SEMARANG – Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang menyebut sepanjang 2020 sudah ada sekitar 330 ton kopra asal Jawa Tengah (Jateng) yang diekspor ke berbagai negara di dunia.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang, Robert Parlin Sitanggang, mengatakan berdasarkan data Iqfast Balai Karantina Pertania, kopra yang diekspor melalui kantornya sepanjang 2020 mencapai 330 ton, dengan nilai mencapai Rp4,1 miliar.

“Negara tujuannya meliputi Bangladesh, Turki, Pakisan, dan Vietnam,” ujar Robert dalam keterangan resmi, Kamis (17/12/2020).

BMI Jateng Dideklarasikan di Salatiga

Robert mengatakan kopra merupakan komoditas perkebunan yang memiliki peluang pasar sangat bagus. Diharapkan ke depan kopra bisa diekspor dalam bentuk produk turunannya sehingga perlu pengembangan lebih lanjut.

“Tentunya hal ini dapat menaikkan nilai ekspor dan membantu pengembangan industry kopra dalam negeri. Selain itu juga bisa menjadi daya tarik bagi negara tujuan ekspor agar lebih banyak mengimpor kopra kita,” ujar Robert.

Robert menambahkan kopra atau daging kelapa yang dikeringkan merupakan produk turunan kelapa. Komoditas ini kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa, margarin, deterjen, hingga bahan baku bio disel.

Jateng Ekspor 30 Ton Porang ke Vietnam

Sebelum diekspor, kopra harus melalui serangkaian tindak karantina oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Semarang. Hal itu untuk memastikan kopra yang diekspor higienis dan terbebas dari target Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK), sehingga bisa diterbitkan Phytosanitary Certificate.

Selain kopra, pada tahun 2020 beberapa komoditas pertanian di Jateng juga banyak diminati pasar luar negeri. Salah satunya adalah porang putih atau white konjac.

Bahkan, pekan lalu sebanyak 30 ton porang putih dari Jateng diekspor ke Vietnam, Kamis (10/12/2020). Porang putih itu diekspor dengan nilai sekitar Rp600 juta.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.