Sosok Tak Kasat Mata Tinggal di Pabrik Gula Sumberharjo Pemalang

Legenda tanah Jawa yang diunggah Elsci TV di Youtube diambil di Pabrik Gula Sumberharjo, Pemalang dan mengulas sosok tak kasat mata penghuninya.

Sosok Tak Kasat Mata Tinggal di Pabrik Gula Sumberharjo Pemalang Tangkapan layar dari video unggahan channel Elsci TV di Youtube, Kamis (9/7/2020). (Youtube-Elsci TV)

Semarangpos.com, PEMALANGElsci TV adalah sebuah channel di Youtube yang mengulas misteri dan sejarah yang berkembang di masyarakat. Pada konten legenda tanah Jawa kali ini, dia mengunggah rekaman video yang diambil di Pabrik Gula Sumberharjo, Pemalang, Jawa Tengah.

Pabrik Gula Sumberharjo di Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jateng itu diresmikan pada tahun 1912. Rekaman video Elsci TV tentang pabrik gula itu diunggah di Youtube, Kamis (9/7/2020) silam.

Banyak makhluk halus yang menghuni Pabrik Gula Sumberharjo seluas sekitar 17 ha itu. Salah satu sosok yang dominan di sana adalah seorang noni Belanda membawa payung.

Batik Semen Gedhe Sawat Gurdha untuk Cucu Raja

Pengelola channel Elsci TV berepekulasi menyebut sosok tak kasat mata itu menetap di cerobong eks pabrik gula tersebut. “Noni kue esih ana campuran Jawa, nona murni landa,” kata Hendra, pengelola channel Elsci TV terhadap pertanyaan Zoelank TV pada kolom komentar.

Di ruang bawah tanah terlihat dipenuhi air. Di sana terdapat banyak jin qorin karena waktu itu sering terjadi penyiksaan pada zaman penjajahan Belanda. Selain itu, ada sosok jin perempuan di sana. Sosok itu terlihat seperti pelayan.

Sosok Tinggi Besar

Ada juga sosok tinggi besar nan berambut panjang di suatu tempat dekat pagar besi, lebih tepatnya pada bangunan seberang. Menurut Hendra, makhluk itu bisa disebut genderuwo. Kedudukannya di Pabrik Gula Sumberharjo adalah sebagai penunggu karena memang tempat tersebut sudah lama kosong.

Ini Dia Tiga Tempat Angker di Kebumen

Makhluk itu marah atas kedatangan Elsci TV. Selain itu, ada arwah yang tidak memiliki kepala. Dia menempati ruang produksi.

“Jin qorin,” koreksi Hendra. Seperti yang dikutip dari Konsultasisyariah.com, jin qorin adalah salah satu jenis jin yang diberi tugas oleh Allah Swt. untuk mendampingi, menggoda, dan menyesatkan setiap manusia dari lahir. Setelah itu, jin tersebut baru akan pergi jika manusia tadi sudah meninggal. Qorin termasuk setan dari jin.

Menurut cerita yang beredar, sosok itu mengalami “kecelakaan” sebelum meninggal. “Kecelakaan” yang dimaksud ialah secara sengaja dibuat oleh seseorang sehingga tidak terjadi secara murni atau bisa langsung disebut sebagai pembunuhan. Pelakunya adalah teman korban itu sendiri. Sampai sekarang, ia masih berada di sana karena mencari kepalanya yang hilang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.