Stasiun Pengisian Listrik Dibuka di Semarang

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng-DIY, Feby Joko Priharto mengatakan SPKLU didirikan sebagai wujud dukungan dan kesiapan PLN dalam menyambut era kendaraan listrik.

Stasiun Pengisian Listrik Dibuka di Semarang Peresmian SPKLU pertama di Jateng di Kantor PLN Semarang, Kamis (16/1/2020). (Semarangpos.com-PLN UID Jateng-DIY)

Semarangpos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) kini memiliki Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). SPKLU pertama di Jateng itu berada tepat di halaman Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, Jalan Pemuda NO. 93, Kota Semarang.

SPLU itu diresmikan, Kamis (16/1/2020). Hadir dalam acara peresmian itu, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng, Sujarwanto Dwiatmoko, serta General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng-DIY, Feby Joko Priharto.

Feby mengatakan SPKLU ini didirikan sebagai wujud dukungan dan kesiapan PLN dalam menyambut era kendaraan listrik dan tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) NO. 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

SPKLU komersial pertama di Jateng ini terdiri dari 2 unit charger yang bersifat fast charging dan normal charging yang sudah memenuhi standar Electric Vehicle Eropa dan Jepang.

Pengisian dengan unit fast charging membutuhkan waktu maksimal dua jam, sedangkan normal charging membutuhkan waktu enam hingga delapan jam. “Selain menunjukkan dukungan dan kesiapan PLN dalam menyongsong era kendaraan listrik, keberadaan SPKLU juga memberi dampak psikologis yang positif bagi masyarakat agar tidak ragu dan takut untuk menggunakan kendaraan listrik,” ujar Feby.

Rencana ke depan, PLN akan membangun stasiun pengisian kendaraan listrik di lima kota di Jateng dan DIY, yakni Tegal, Pekalongan, Kudus, Jogja, dan Solo. “Penyediaan SPKLU di kota-kota tersebut akan diupayakan berada di area publik seperti rest area tol, area parkir pusat perbelanjaan atau ruang yang mudah diakses masyarakat pengguna mobil listrik,” tambahnya.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu, mengatakan akan mendukung langkah PLN dalam memperbanyak SPKLU di wilayahnya. “Dengan adanya SPKLU, Kota Semarang telah bersiap mempopulerkan kendaraan berbasis listrik baik kendaraan roda dua maupun empat,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.