Tabung Uap Industri Konfeksi Kudus Meledak, Pekerja Terluka

Tabung uap milik industri konfeksi di Kudus, Jateng, Rabu (4/3/2020), meledak dan bangunan tempat usaha tersebut rusak serta menimbulkan korban luka.

Tabung Uap Industri Konfeksi Kudus Meledak, Pekerja Terluka Personel Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polres Kudus melakukan olah tempat kejadian perkara di rumah konveksi Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jateng, Rabu (4/3/2020). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Semarangpos.com, KUDUS — Tabung uap milik sebuah industri konfeksi di Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (4/3/2020), meledak. Alkibatnya bangunan tempat usaha tersebut rusak serta menimbulkan korban luka.

Menurut Kapolsek Jati Polres Kudus AKP Bambang Sutaryo peristiwa meledaknya tabung setrika uap itu terjadi di rumah konfeksi Rozak, Desa Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jateng, Rabu pukul 10.00 WIB. Tabung uap itu biasa digunakan untuk menyetrika pakaian.

Ledakan tersebut mengakibatkan hancurnya tabung uap setrika serta tembok rumah berlubang dengan diameter 1 m, genteng rusak sekitar 200-an buah, serta korban luka robek pada punggung kaki kiri. Korban harus menjalani perawatan di Rumah Saksit Aisiyah Kudus.

Cerita di Balik Rumah Akar Kota Lama yang Instagramable

Korban luka bernama Jumarni, 38, warga Desa Ngembal Rejo, Kecamatan Bae, Kudus karena mengalami luka pada kaki serta hematum pada kepala. Sebelum kejadian, korban sudah diingatkan untuk selalu membuka atau mengontrol keran setrika secara berkala setiap 10 menit sekali.

Tidak Disiplin

Diduga korban yang baru bekerja selama tiga hari itu tidak disiplin melaksanakan kewajiban itu. Namun, untuk memastikan penyebab pasti terjadinya ledakan, polisi masih menunggu hasil penyelidikan.

Jateng Pertimbangkan RS Khusus Virus Corona

Suhari yang juga bekerja di industri konfeksi Kudus tersebut mengungkapkan korban sempat terpental menyusul adanya ledakan. Korban lalu dilarikan ke puskesmas terdekat dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Aisiyah Kudus.

Terkait dengan kondisi tabung uap, katanya, kondisinya baik dan tidak ada masalah. Hanya saja, kata dia, jika tutup tabung tidak dibuka sehingga uap yang dihasilkan dari rebusan air tersebut berlebihan maka bisa memicu ledakan.

“Saya belum tahu pasti penyebabnya. Bisa saja disebabkan karena tutupnya tidak dibuka,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.