Telaga Warna, Telaga Cantik Nan Eksotis di Wonosobo

Telaga Warna merupakan salah satu dari sekian banyak telaga yang berada di dataran tinggi Dieng, wilayah Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Warna, Telaga Cantik Nan Eksotis di Wonosobo Telaga Warna diambil dari unggahan akun Instagram Eddy Hartono, Sabtu (1/8/2020). (Instagram-@eddyhartono_d)

Semarangpos.com, WONOSOBO — Telaga Warna merupakan salah satu dari sekian banyak telaga yang berada di dataran tinggi Dieng. Berada di Wonosobo, telaga ini memiliki keunikan yang membuatnya semakin cantik dan eksotis.

Wonosobo memang gudangnya wisata alam keren, mulai dari gunung, air terjun, hingga telaga. Tak heran jika Wonosobo menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah.

Terdapat satu telaga bernama Telaga Warna yang menjadi salah satu daya tarik dari dataran tinggi Dieng. Telaga ini berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Telaga ini juga bersebelahan dengan daya tarik Dieng lainnya, bernama Telaga Pengilon.

Coba Lezatnya Bakso Lesanpuro Pak Ripto di Semarang

Telaga yang terletak di ketinggian 2.000 mdpl ini memiliki panorama alam yang mengagumkan. Seperti namanya, telaga ini memiliki air yang warnanya dapat berubah-ubah. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan belerang yang cukup tinggi di telaga ini.

Air di telaga ini bisa berubah menjadi warna hijau cerah, kuning, hingga warna pelangi. Ketika cahaya matahari menyinari air yang memiliki kadar belerang tinggi, air akan memantulkan warna yang bervariasi.

Dikelilingi Pepohonan

Bukan hanya keindahan air yang dapat berubah-ubah. Telaga Warna juga dikelilingi dengan pepohonan yang tumbuh menjulang berdaun rindang. Di sini kamu juga disuguhi dengan eksotisnya pegunungan yang berjajar menjadi latar pemandangan di sekitar telaga.

Hawa sejuk khas dataran tinggi akan menemanimu selama berada di Telaga Warna. Saat cuaca cerah, hijaunya pemandangan akan berpadu dengan birunya langit yang sungguh memanjakan mata. Saat menjelang sore, telaga ini akan ditutupi dengan kabut tipis yang membuat suasana terkesan mistis.

Batik Maos, Kode Rahasia Laskar Diponegoro di Cilacap

Menurut cerita yang berkembang di tengah masyarakat, air telaga warna yang dapat berubah-ubah ini disebabkan karena batu perhiasan sakti bangsawan yang jatuh ke telaga.

Versi lain menyebutkan Telaga Warna juga dipercaya sebagai tempat mandi para bidadari. Dihimpun dari situs travelspromo.com, Minggu (30/8/2020) bidadari tersebut, yakni Nawang Wulan dan saudari-saudarinya. Warna air yang berubah-ubah melambangkan unsur sifat manusia yang beragam.

Harga tiket masuk ke objek wisata alam ini cukup terjangkau, yakni Rp12.500 untuk hari kerja, dan Rp15.000 untuk akhir pekan. Telaga Warna berjarak sekitar 26 km dari pusat kota Wonosobo, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.