TMMD Salatiga Tanpa Kegiatan Sosial, Biaya Tetap…

Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Salatiga, Jawa Tengah tetap menelan biaya normal meskipun dilaksanakan tampa kegiatan sosial.

TMMD Salatiga Tanpa Kegiatan Sosial, Biaya Tetap… Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menandatangani berita acara hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Salatiga di Rumah Dinas Wali Kota, Selasa (14/4/2020). (Semarangpos.com-Humas Setda Salatiga)

Semarangpos.com, SALATIGA — Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I Salatiga, Jawa Tengah resmi ditutup, Selasa (14/4/2020). Hingga ditutup, tidak ada satu pun kegiatan sosial yang dilaksanakan.

TMMD Sengkuyung berlangsung di Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti mulai 16 Maret 2020 lalu. Pembatalan seluruh kegiatan yang bersifat sosial ini karena pandemi Covid-19.

Semula, kegiatan TMMD akan dibagi menjadi kegiatan fisik dan kegiatan sosial. Sasaran kegiatan sosial itu antara lain penyuluhan wawasan kebangsaan, keamanan dan ketertiban masyarakat, hukum, ketenagakerjaan, dan pelatihan keterampilan.

KBM Daring di Jateng Diperpanjang Hingga Akhir April

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 01714 Salatiga, Kapten Inf. Sofyan Amirudin, dalam laporannya mengatakan hasil kegiatan fisik TMMD Sengkuyung Tahap I Salatiga adalah pembetonan jalan di RT 007/RW 006, Dukuh Warak, Kelurahan Dukuh. Betonisasi dilakukan pada jalan sepanjang 204 m, lebar 3 m, dan tebal 20 cm.

“Sedangkan untuk kegiatan penyuluhan adalah nihil atau tidak dilaksanakan mengingat adanya pandemi Covid-19,” ungkap Sofyan dalam penutupan TMMD Sengkuyung I di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Selasa.

Biaya Tetap

Kendati sebagian kegiatan dibatalkan, Sofyan melaporkan tidak ada pemotongan dana TMMD. Jumlah dana itu sama seperti yang dibacakan dalam pembukaan TMMD bulan lalu, yakni Rp120 juta yang berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah dan Rp152 juta dari APBD Kota Salatiga. Sehingga total dana yang digunakan senilai Rp272 juta.

Stasiun Semarang Tawang Nan Sarat Sejarah

Adapun unsur pelaksana TMMD antara lain Kodim 0714, Polres Salatiga, Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) Salatiga, Pemkot Salatiga, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Dilibatkan pula mahasiswa serta masyarakat umum.

Penutupan TMMD ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara hasil pelaksanaan TMMD. Penyerahan dilakukan Dandim 0714 Salatiga, Letkol Inf. Prayogha Erawan kepada Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan meskipun tengah terjadi pandemi corona namun pelaksanaan TMMD tetap berjalan dengan baik dan lancar. Dia berpesan kepada Lurah Dukuh dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga jalan beton yang telah dibangun pada TMMD kali ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.