TMMD Sengkuyung I Salatiga Tanpa Upacara

Pelaksanaa program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kota Salatiga dimulai tanpa upacara karena teror virus corona jenis baru (covid-19).

TMMD Sengkuyung I Salatiga Tanpa Upacara Ilustrasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). (HarianJogja-Dok.)

Semarangpos.com, SALATIGA — Pelaksanaa program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I yang dilaksanakan di Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga dimulai tanpa upacara.

Sebagai gantinya, penandatanganan berita acara kegiatan itu dilakukan di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga. Hadir dalam kesempatan itu Wali Kota, Yuliyanto dan Dandim 0714/ Salatiga, Letkol Inf Prayoga Irawan.

Prayoga mengatakan semula upacara sudah direncanakan pada Senin (16/3) lalu. Namun agenda itu dibatalkan dengan alasan risiko yang ditimbulkan persebaran virus corona jenis baru atau covid-19.

Gadis Indigo Ketemu Sosok Bercahaya di Candi Gedong Songo

“Sesuai imbauan kami tidak akan mengumpulkan massa dalam jumlah banyak untuk mengurangi risiko penularan,” ujar Dandim.

Kendati demikian, agenda TMMD dipastikan bakal berjalan sesuai rencana. Kegiatan TMMD dimulai Senin (16/3/2020) dan akan berlangsung dalam satu bulan hingga 14 April mendatang.

Sesuai Instruksi Pemprov

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Salatiga, Gati Setiti, menjelaskan pembatalan pelaksanaan upacara TMMD tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, No. 320/0005941 tentang Pembatalan Pelaksanaan Upacara Pembukaan TMMD Tahap I Tahun 2020.

“TMMD Sengkuyung Tahap I Salatiga berlokasi di Kelurahan Dukuh dimulai dari tanggal 16 Maret sampai dengan 14 April 2020. Sasaran fisik adalah betonisasi di RT 007/RW 006 dengan panjang 204 m, lebar 2,5m-3 m dan tebal 20 cm,” urai Gati Setiti.

RSUD Salatiga Setop Besuk & Batasi Penunggu

Dijelaskan pula bahwa selain sasaran fisik, ada pula sasaran nonfisik, yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan, kamtibmas, hukum, pertanahan, ketenagakerjaan, pemberdayaan masyarakat dan ketrampilan.

Sumber dana kegiatan ini adalah APBD Provinsi Jateng senilai Rp120.000.000 dan ABPD Kota Salatiga senlai Rp152.000.000. Dengan demikian total anggarannya mencapai Rp272.000.000.

Sedangkan unsur pelaksana kegiatan antara lain Kodim 0714, Polres Salatiga, Denkesyah Salatiga, Pemkot Salatiga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Linmas, pelajar, dan mahasiswa, serta masyarakat umum.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.