Tutup Iklan

Waspada! Klaster Keluarga Muncul Lagi di Grobogan

Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Grobogan meminta masyarakat mewaspadai kasus penularan dari klaster keluarga menjelang Lebaran.

Waspada! Klaster Keluarga Muncul Lagi di Grobogan Ilustrasi penularan Covid-19 di lingkungan keluarga. (Freepik)

Semarangpos.com, PURWODADI — Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Grobogan mewaspadai penularan Covid-19 dari klister keluarga. Hal ini menyusul munculnya 12 kasus baru Covid-19 di Grobogan, di mana empat di antaranya berasal dari klaster keluarga, Senin (19/4/2021).

Menurut Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Grobogan, Endang Sulistyoningsih, 12 kasus baru berasal dari enam kecamatan. Kemudian dengan penambahan tersebut, maka selama April 2021 sudah ada 224 kasus baru positif corona.

“Adapun 12 kasus baru tersebut, tujuh orang berasal dari Kecamatan Purwodadi. Kemudian lima lainnya berasal dari Kecamatan Karangrayung, Brati, Penawangan, Kedungjati, dan Geyer. Semuanya menjalani perawatan di rumah sakit,” jelas Endang kepada wartawan, Senin.

Baca juga: Tawuran Geng, 9 Remaja Semarang Digelandang ke Mapolsek Tembalang

Selain adanya kasus baru corona, perkembangan hari ini menurut Endang, ada sepuluh pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sementara untuk kasus kematian pasien positif Covid-19 ada satu orang.

Dengan demikian total kasus positif Covid-19 hingga Senin, menjadi 3.026 orang. Di mana pasien sembuh menjadi 2.635 orang dan pasien meninggal 231 orang. Adapun pasien yang dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri ada 160 orang.

Menurut Endang, dari tujuh kasus yang ada di Kecamatan Purwodadi, empat orang di antaranya masih satu keluarga. Yakni pasangan suami istri beserta satu anak berusia empat tahun (balita) dan anak berusia satu bulan (bayi).

“Jadi masyarakat harus waspada karena kembali muncul klaster keluarga dalam kasus Covid-19 di Grobogan,” kata Endang.

Protokol Kesehatan

Guna mencegah munculnya klaster keluarga, anggota keluarga harus patuh protokol kesehatan. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, mengenakan masker, jaga jarak. Jika dari luar rumah segera membersihkan diri sebelum berkumpul dengan anggota keluarga lain.

Baca juga: Waspada! Klaster Keluarga di Salatiga Terus Bertambah, Bayi 1 Tahun Positif Covid-19

Jaga sirkulasi udara dengan membuka jendala dan pintu rumah. Sediakan kamar tersendiri untuk keluarga yang kerap bekerja keluar rumah dan pisahkan dengan yang rentan terpapar (lansia dan balita).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.