28 ABK Selamat dari Kapal Jakarta Kandas di Perairan Karimunjawa

Kecelakaan laut menimpa kapal asal Jakarta yang kandas di perairan Karimunjawa, Sabtu (20/6/2020) siang. Beruntung 28 ABK berhasil selamat.

28 ABK Selamat dari Kapal Jakarta Kandas di Perairan Karimunjawa Para ABK yang selamat dari kecelakaan kapal saat dijenguk oleh tim BPBD Jepara. (Murianews-Istimewa)

Semarangpos.com, JEPARA — Kecelakaan laut menimpa sebuah kapal asal Jakarta yang kandas di perairan Karimunjawa, Sabtu (20/6/2020) siang. Kejadian ini terjadi di sebelah selatan Pulau Tengah, salah satu gugusan pulau di Kepulauan Karimunjawa.

Tak ada korban jiwa dalam insiden kapal Jakarta yang kandas di Karimunjawa ini. Sebanyak 28 anak buah kapal (ABK) yang berada di dalam kapal berhasil diselamatkan.

M. Zainudin, petugas Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Pusdatinkom) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara menyatakan informasi yang diterima BPBD Jepara. Kejadian ini berlangsung pada Sabtu (20/6/2020) sekitar jam 12.50 WIB.

Perang Lawan Sutawijaya Jadi Kegiatan Terakhir Jaka Tingkir Sebelum Wafat  

KM Rejeki Timur yang berasal dari Jakarta dilaporkan mengalam kerusakan mesin. Kapal berbobot 83 gross ton ini diawaki oleh 28 orang. Dalam perjalanannya di perairan Karimunjawa, kapal mesin bermasalah membuat sistem kelistrikan kapal terganggu.

Tanpa tenaga pendorong, kapal ini kemudian hanyut terombang-ambing gelombang. Upaya untuk melakukan lego jangkar juga tidak bisa dilakukan, lantaran tenaga listriknya juga terhenti.

Hantam Karang

Akibatnya, saat kapal hanyut tidak bisa mengelak saat menghantam gugusan karang di sekitar selatan Pulau Tengah. “Dari laporan yang kami terima, karena saat terombang-ambing tidak bisa dikontrol kapal kemudian menghantam gugusan karang. Pada bagian belakang yang menghantam karang, dilaporkan sobek dan menimbulkan kebocoran pada kapal,” ujar M. Zainudin, Sabtu (20/6/2020).

Ikut Penelusuran, Kru Sara Wijayanto Ngaku Diganggu Makhluk Halus

Sementara itu, Camat Karimunjawa, Nur Sholeh, menyebutkan dari kejadian ini sebanyak 28 orang ABK yang berada di atas kapal berhasil di selamatkan oleh nelayan Karimunjawa yang kebetulan melintas. Usaha untuk melakukan evakuasi akhirnya dilakukan secara bertahap oleh para nelayan karena banyaknya ABK. Namun akhirnya semua ABK bisa diselamatkan.

Sampai Sabtu (20/6/2020) sore, para ABK kapal Jakarta yang kandas di Karimunjawa itu masih dikumpulkan di rumah warga. Mereka dimintai keterangan oleh para pihak terkait yang ada di Karimunjawa. Muspika Karimunjawa juga sudah menemui mereka, untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

“Sejauh yang sudah kami ketahui, penanganan atas insiden ini sudah dilakukan dengan baik. Kecelakaan ini juga sudah dikomunikasikan dengan semua pihak terkait. Tadi masih ada 5 ABK yang masih dalam proses evakuasi,” ujar Nur Sholeh.

ABK KM Rejeki Jakarta selamat di Jepara:

  1. Tarnudin, 34, Tegal.
  2. Senal, 32, Jakarta Utara.
  3. Febian, 27, Tegal.
  4. M. Aji Nur Alim, 23, Brebes.
  5. Toni, 30, Brebes.
  6. Asep, 26, Cikarang.
  7. Warno, 35, Brebes.
  8. Supardi, 30, Brebes.
  9. Nurdiana, 36, Tegal.
  10. Jazuli, 38, Tegal.
  11. Kotong Setiawan, 23, Brebes.
  12. Kasmuri, 30, Brebes.
  13. M. Rizki A, 22, Tegal.
  14. Mardani, 29, Tegal.
  15. Samsul Bahri, 28, Tegal.
  16. M. Hasan, 18, Brebes.
  17. Wariudin, 37, Brebes.
  18. Wahyu Hidayat, 39, Banyumas.
  19. Alfian Wildani, 29, Depok.
  20. Aji, 21, Brebes.
  21. Rofii, 37, Tegal.
  22. M. Ardani, 26, Tegal.
  23. M Usman Afandi, 19, Tegal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.