5 PDP Meninggal, Kematian Covid-19 di Kendal Nol

Sebanyak lima PDP di Kabupaten Kendal meninggal dunia, meski demikian Dinas Kesehatan Kendal membantah jika PDP itu positif Covid-19.

5 PDP Meninggal, Kematian Covid-19 di Kendal Nol Ilustrasi pasien Covid-19 meninggal dunia. (dok. Solopos)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak lima pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Kabupaten Kendal dinyatakan meninggal dunia. Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal, Ferinando Rad Bonay, memastikan jika lima PDP itu meninggal bukan karena terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Bahkan data yang tercantum di laman Internet Pemkab Kendal untuk penanganan virus corona tertulis angka kematian akibat Covid-19 di Kendal masih nol atau nihil.

“Data saat ini yang meninggal untuk PDP benar ada lima. Namun, mereka meninggal bukan karena Covid-19, tapi penyakit lain. Hasil tes yang kita punya mereka negatif. Hasil tes ini keluar setelah mereka meninggal, tapi untuk pemulasaran jenazah tetap menggunakan SOP Covid-19 untuk keamanan,” tutur Ferinando, Rabu (29/4/2020).

Ini Alasan Jateng Enggan Ungkap Data PDP Meninggal…

Ferinando menambahka PDP yang meninggal itu karena memiliki penyakit lain. Namun, gejala sebelumnya mengarah ke Covid-19, sehingga dinyatakan PDP.

Untuk hasil laboratorium lima PDP itu keluar setelah mereka meninggal dunia.

Belum tentu Covid-19

Ferinando mengatakan jika PDP maupun orang dalam pemantauan (ODP) belum tentu positif Covid-19. Hanya saja mereka masih masuk dalam pemantauan dan pengawasan karena memiliki riwayat atau gejala yang sama dengan pasien positif Covid-19. Sementara hingga kini tidak ada pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit di Kendal.

Wacana PSBB Semarang Raya, Kendal Tak Sepakat

Hingga saat ini total sudah ada 36 ODP di Kabupaten Kendal. Sementara jumlah PDP mencapai 50 orang, dengan perincian 22 orang telah dinyatakan sembuh, 11 orang masih menjalani isolasi, dua orang telah dirujuk ke rumah sakit, satu orang pulang paksa, 9 orang dirawat, dan 5 orang meninggal dunia.

Sementara jumlah kasus positif Covid-19 di Kendal tercatat 8 pasien, dengan perincian 4 orang dinyatakan sembuh, 3 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, dan  satu orang menjalani isolasi mandiri di rumah. Sedangkan angka kematian Covid-19 di Kendal hingga kini masih nol atau belum ada.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.