Anak Muda Grobogan Bikin APD Pelindung Wajah, Tujuannya Mulia…

Merebaknya virus corona pemicu Covid-19 membuat anak muda Grobogan membuat gerakan sosial membikin alat pelindung diri atau APD pelindung wajah.

Anak Muda Grobogan Bikin APD Pelindung Wajah, Tujuannya Mulia… Proses Pembuatan APD Mandiri. (Semarangpos.com–Istimewa)

Semarangpos.com, PURWODADI — Di tengah merebaknya virus corona pemicu Covid-19, jiwa kepedulian muncul dari sejumlah anak muda di Grobogan. Mereka yang tergabung dalam Komunitas Juang Grobogan membuat gerakan sosial membikin alat pelindung diri (APD) berupa pelindung wajah.

Alat ini bukan hendak mereka pakai sendiri. Tujuan mulai tersimpan di balik pembuatan alat penangkal persebaran virus corona itu. APD pelindu wajah itu bakal disumbangkan ke perawat dan dokter yang menangani pasien Covid-19.

Selama enam hari bertempat di DPC PDI Perjuangan Grobogan di Nglejok, Puwodadi, mereka menyelesaikan 1.500 APD. Pembuatan APD tersebut diprakarsai anggota DPRD Provinsi Jateng A. Baginda Muhammad Mahfuz.

 APD Pelindung Wajah. (Semarangpos.com–Istimewa)

APD Pelindung Wajah. (Semarangpos.com–Istimewa)

Gedung Marba, Bangunan Eksotis Sarat Sejarah

“Saya sebagai generasi muda anggota Komunitas Juang, tergugah untuk ikut andil membuat APD. Saya tidak bisa membantu dana, karena itu bersama teman-teman saya sumbangkan tenaga untuk membuat pelindung wajah,” jelas Usman, kepada Semarangpos.com, Jumat (17/4/2020).

APD berupa pelindung wajah bertuliskan Grobogan Lawan Corona tersebut berbahan mika, busa, dan karet. Penyerahan APD dilakukan oleh Koordinator Komunitas Juang Dwi Setyono kepada karyawan Dinkes Wisnu Murti.

Digerakkan Legislator Jateng

Anggota DPRD Jateng Baginda kepada wartawan mengatakan, pihaknya menggandeng puluhan anak muda di Grobogan untuk membuat APD secara mandiri. APD penutup wajah itu, proses pembuatannya sederhana dan cepat. Meski demikian, APD tersebut tetap nyaman di pakai dan aman bagi tenaga medis dalam penanganan Covid-19.

Penyerahan APD ke Dinkes Grobogan. (Semarangpos.com–Istimewa)
Penyerahan APD ke Dinkes Grobogan. (Semarangpos.com–Istimewa)

Napi Asimilasi Berulah Lagi, Polda Jateng Terapkan Tembak di Tempat

“Pembuatan pelindung wajah secara mandiri ini dilakukan karena sulitnya mendapatkan APD di pasaran. Sehingga kami punya gagasan untuk membuat APD sendiri. Ternyata bisa, dan biayanya juga lebih murah,” kata wakil rakyat dari Dapil Jateng V yang meliputi Kabupaten Grobogan dan Blora itu.

APD sebanyak 1.500 pelindung wajah tersebut diserahkan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Grobogan. Untuk distribusinya diserahkan sepenuhnya kepada gugus tugas. “Kami serahkan ke gugus tugas, karena lebih mengetahui rumah sakit atau layanan kesehatan yang membutuhkan APD,” ujarnya.

Selain APD pelindung wajah, pihaknya juga berencana untuk membuat masker kain. Nantinya, masker itu akan dibagikan pada masyarakat. Sebelumnya Baginda juga menyerahkan bantuan bahan baku pembuatan baju hazmat yang dikerjakan sukarelawan di Balai Latihan Kerja Grobogan. “Penanganan Covid-19 tidak hanya dilakukan pemerintah, namun butuh kepedulian semua pihak,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.