Andalkan Tulisan “Pulang Kampung Bukan Mudik”, Bus dari Sumatra Masuk Semarang

Viral video bus bertuliskan 'pulang kampung bukan mudik' dari Sumatra yang hendak masuk Kota Semarang diamankan di Terminal Mangkang.

Andalkan Tulisan “Pulang Kampung Bukan Mudik”, Bus dari Sumatra Masuk Semarang Bus dari Sumatra nekat masuk ke Kota Semarang (Instagram/@ick_infocegatankaranganyar).

Semarangpos.com, SEMARANG — Rekaman video bus dari Sumatra yang hendak masuk Semarang yang diamankan oleh petugas beredar di media sosial. Pada pengantar unggahan rekaman video tersebut disebutkan bus tersebut penuh berisi penumpang.

Video tersebut membuat heboh media sosial. Betapa tidak. di kaca depan bus terdapat tulisan “Pulang Kampung Bukan Mudik.”

Menurut penuturan orang di balik video yang diunggah oleh @ick_infocegatankaranganyar, Selasa (28/4/2020), para penumpang bus dari Sumatra tersebut didata oleh aparat. Mereka kemudian dibariskan untuk dilakukan penanganan protokol kesehatan bagi pemudik.

Beli Honda CBR250RR dapat Diskon Rp8,25 Juta, Simak Caranya…

“Info terkini dari Terminal Mangkang, bus dengan tulisan yang sangat jelas [pulang kampung bukan mudik]. Untuk sementara waktu kita hentikan dengan penumpang yang sangat penuh.

Disebutkan pada pengantar ungahan itu bahwa bus itu dari Sumatra. “Ini penumpang dari bus rombongan Sumatra. Tim melakukan tindakan untuk dibariskan dan dicek satu persatu dan disemprot. Demikian laporan dari Pos Pantau Terminal Mangkang,” demikian kata orang dalam video tersebut.

Pengelola akun Instagram @ick_infocegatankaranganyar dalam keterangannya menyebutkan video tersebut berasal dari Dinas Perhubungan Kota Semarang. “Sopir dan kenek masih ngeyel karena ada tulisan yg cukup mencolok ‘Pulang Kampung’ bukan Mudik.?Untuk penumpang kita turunkan dan selanjutnya dibariskan untuk dilakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan @dishubkotasmg,” ungkapnya.

Hendak Antar Pesanan, Pengemudi Ojol Salatiga Nyaris Dibegal

Hingga berita ini diturunkan Solopos.com belum mendapat informasi resmi tentang nasib penumpang bus tersebut. Kabarnya sopir bus dipaksa putar balik meninggalkan Semarang.

Pulang Kampung & Mudik

Arti dari pulang kampung dan mudik sempat menuai perdebatan oleh berbagai pihak. Hal ini dikarenakan pulang kampung dan mudik memiliki arti berbeda menurut Presiden Jokowi. Maka dari itu, tulisan “Pulang Kampung Bukan Mudik” muncul di bus dari Sumatra tersebut.

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI daring, apakah arti kata pulang kampung dan mudik berbeda?

Ini Alasan Jateng Enggan Ungkap Data PDP Meninggal…

Ketika Solopos.com memasukkan frasa pulang kampung dalam situs Kbbi.kemdikbud.go.id, arti yang muncul adalah kembali ke kampung halaman atau mudik.

KBBI mencontohkan dengan kalimat “Dia — kampung setelah tidak lagi bekerja di kota.”

Sedangkan untuk arti kata mudik di situs KBBI daring terdapat dua arti. Pertama, kata kerja {berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman). Dan arti kedua, pulang ke kampung halaman. KBBI mencontohkan dengan kalimat, “Seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang –.”

Es Puter Conglik Semarang Pas Buat Ngadem

 

View this post on Instagram

 

A post shared by infocegatankaranganyar (@ick_infocegatankaranganyar) on

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.