Asyik, Bandara Purbalingga Bisa Digunakan saat Mudik Lebaran

Bandara Jenderal Besar Soedirman atau yang juga dikenal dengan Bandara Wirasaba Purbalingga bisa digunakan pesawat komersial saat musim mudik Lebaran 2020.

Asyik, Bandara Purbalingga Bisa Digunakan saat Mudik Lebaran Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (kanan), saat menerima kunjungan Dirut AP II, Muhammad Awaluddin, di Puri Gedeh, Kota Semarang, Kamis (6/2/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Bagi masyarakat eks Keresidenan Banyumas, mudik Lebaran tahun ini dipastikan terasa lebih menyenangkan. Hal itu karena mulai tahun ini mereka tidak hanya bisa menggunakan transportasi darat untuk pulang kampung.

Mereka juga bisa menggunakan transportasi udara atau pesawat, menyusul akan beroperasinya Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Purbalingga pada Mei nanti, atau saat masa mudik Lebaran 2020.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan progres pembangunan runway dan apron Bandara JB Soedirman Purbalingga sudah 42%.  Pembangunannya pun ditarget selesai akhir April nanti.

Setelah Ahmad Yani Semarang, Giliran Bandara Purbalingga dan Blora Dibangun

“Kami akan gunakan Bandara JB Soedirman untuk angkutan Lebaran pada Mei 2020. Tentu setelah mendapat izin dari regulator yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” ujar Awaluddin saat beraudensi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Puri Gedeh, Kota Semarang, Kamis (6/2/2020).

Awaluddin mengatakan panjang runway saat ini telah mencapai 1.600 meter. Dengan begitu, landasan sudah bisa digunakan untuk mendarat pesawat jenis ATR72.

“Dengan tipe pesawat itu, maka rute penerbangan bisa mencakup seluruh Pulau Jawa, Bali serta sebagian Sumatra dan Kalimantan. Dengan bisa digunakannya bandara ini, tentu akan menjadi alternatif sarana transportasi bagi masyarakat saat musim mudik nanti,” imbuhnya.

Pengin Dandan ala Noni Belanda di Bangunan Kolonial? Ke Lawang Sewu Aja…

Awaluddin menambahkan pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga rencana terus dikebut. Setelah runway dan apron selesai, proyek akan dilanjutkan dengan membangun gedung terminal seluas 1.300 meter berkapasitas 250.000-300.000 penumpang per tahun.

“Kami targetkan pembangunan terminal selesai akhir September tahun ini. Sehingga, awal Oktober sudah bisa berfungsi secara optimal,” jelasnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pun menyambut gembira bisa digunakannya Bandara JB Soedirman Purbalingga untuk mudik Lebaran 2020. Ia bahkan terkejut karena menilai operasional bandara yang terbilang cepat. “Saya pikir akhir tahun baru bisa dipakai. Ini malah bisa untuk angkutan Lebaran. Tentu ini kabar yang menggembirakan,” ujar Ganjar.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.