Asyik, Pakai Masker di Semarang Dapat Duit Rp50.000

Pemkot Semarang memberikan reward bagi warganya yang disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas.

Asyik, Pakai Masker di Semarang Dapat Duit Rp50.000 Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto (kanan), memakaikan masker kepada seorang bocah yang terjaring operasi di Jl. Imam Bonjol, Kota Semarang, Kamis (8/10/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG — Berbagai cara terus dilakukan Pemerintah Kota Semarang dalam mengajak warganya melawan persebaran Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan.

Upaya agar warga disiplin dalam menerapkan protokol tak hanya dilakukan dengan memberikan sanksi bagi yang melanggar. Upaya juga dilakukan dengan memberikan reward atau hadiah bagi warga yang patuh.

Hal itu terlihat pada operasi protokol kesehatan yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang di Jl. Imam Bonjol, Kamis (8/10/2020).

Pemkot Semarang Tak Larang Penggunaan Masker Scuba, Ini Syaratnya…

Dalam operasi itu, Satpol PP tak hanya menjaring warga yang kedapatan tidak mengenakan masker. Mereka juga menjaring warga yang mengenakan masker secara benar.

Namun, jika warga yang tidak mengenakan masker diberi sanksi sosia, maka warga yang mengenakan masker mendapat hadiah atau reward. Hadiah itu tak lain adalah pemberian uang tunai Rp50.000.

Kepala Satpol PP Semarang, Fajar Purwoto, mengatakan total ada sekitar 12 orang yang terjaring menggunakan masker dengan baik dan benar saat operasi tersebut.

“Dari 12 orang ini langsung masing-masing kita beri Rp50.000. Selain itu, kita juga beri masker. Hadiah ini kita berikan sebagai reward atau penghargaan karena mereka mau menjalankan dengan disiplin imbauan pemerintah untuk memakai masker,” ujar Fajar kepada Semarangpos.com, Kamis.

Ampuh Lawan Covid-19

Fajar menilai penggunaan masker saat ini menjadi cara terampuh dalam mencegah penularan Covid-19. Terlebih lagi, hingga kini vaksin Covid-19 belum juga ditemukan.

Gubernur Ganjar: Masker Senjata Ampuh Lawan Corona

“Masker adalah cara ampuh dalam melawan Covid-19, selain cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak. Hendaknya ini terus diterapkan guna memutus rantai penularan Covid-19,” imbuh Fajar.

Sementara itu, dalam operasi tersebut, petugas Satpol PP Semarang juga menjaring sekitar 47 pelanggar. Dari 47 orang itu, 36 di antaranya diminta melakukan rapid test.

“Dari 36 orang yang di-rapid test, dua di antaranya hasilnya dinyatakan reaktif. Sisanya nonreaktif. Untuk yang reaktif langsung kita minta melakukan isolasi,” imbuh Fajar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.