Atasi Genangan Air Rob, Jalan Pantura Semarang-Demak Ditinggikan.

Jalan Pantura Semarang-Demak kilometer kedelapan hingga kilometer kesembilan ditinggikan dan dicor untuk mengatasi masalah genangan air rob.

Atasi Genangan Air Rob, Jalan Pantura Semarang-Demak Ditinggikan. Ilustrasi rob di Sayung, Demak. (Dok. Solopos.com/Antara-Aji Setyawan)

Semarangpos.com,SEMARANG Jalan Pantura Semarang-Demak kilometer kedelapan hingga kilometer kesembilan ditinggikan dan dicor. Peninggian tersebut dilakukan untuk mengatasi masalah genangan rob atau limpasan air laut ke daratan pantura Semarang-Demak.

Diketahui bahwa ruas jalan tersebut sering tergenang air rob. Bahkan, ketinggian jalan tersebut lebih rendah dibandingkan dengan ketinggian air yang berada di saluran air yang berada di samping jalan tersebut. Tidak tanggung-tanggung, untuk proyek ini dialokasikan dana senilai Rp5 miliar.

“Untuk proyek di Sayung ini, panjangnya sekitar 1 km dari km. 8 sampai km. 9,” ujar Januar Fajar selaku PPK 3.2 Pelaksana Jalan Nasional Wilayah 3 Jawa Tengah.

Ini Dia Rahasia Filosofi di Balik Batik Kawung…

Jalan tersebut akan, berdasarkan informasi dari berbagai sumber ditinggikan dan dicor. “Ketinggiannya 40 cm,  jadi 10 cm untuk beton kurusnya, dan beton FS 45 [Beton Rigid] 30 cm,”  jelas Januar, Rabu (8/7/2020).

Peninggian jalan untuk menanggulangi rob Semarang-Demak tersebut sudah diprogramkan sejak tahun lalu. Pasalnya jalan ini memiliki potensi yang banyak terkena air rob.

Pembangunan hingga 2021

“Kemungkinan tahun ini kita bisa mengerjakan 1 km dan masih ada 500 m lagi. Jadi yang 500 m akan kami kerjakan pada tahun 2021, jadi setelah masalah rob beres semua,” ucap Januar.

Januar mengimbau masyarakat pengguna jalan yang menggunakan kendaraan kecil, baik yang menuju arah Semarang maupun ke arah Demak untuk menggunakan jalan alternatif agar tidak terkena macet.

Om Hao Bilang Makhluk Astral Bisa Sukai Manusia

Untuk arah Semarang dapat melewati Onggorawe, kemudian menuju pertigaan Kalisari lalu tembus Gunuk. Sebaliknya, dari arah Demak menuju Semarang bisa melewati Gemuk, Kaliasi,dan Onggorawe.

“Kami  mulai mengerjakan pada tanggal 25 Juni sampai 31 Agustus mendatang. Tahun depan lagi akan kami anggarkan untuk perpanjangan 500 m ke arah timur,” tuntas Januar.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan semua stakeholder [pemangku kepentingan] terkait untuk mendukung kelancaran proyek tersebut. Seperti pengaturan lalu lintas dan penerapan rekayasa lalu lintas yang melintasi jalan tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.