Bekas Istana Oei Tiong Ham Roboh, Ini Penjelasan OJK Jateng-DIY…

Bekas istana Oei Tiong Ham yang kini menjadi Kantor OJK Regional 3 Jateng-DIY roboh, Selasa (28/7/2020) sore saat tengah direnovasi.

Bekas Istana Oei Tiong Ham Roboh, Ini Penjelasan OJK Jateng-DIY… Istana Oei Tiong Ham yang menjadi Kantor OJK Jateng-DIY saat masih renovasi, atau sebelum roboh, Selasa (28/7/2020) sore. (Semarangpos.com-OJK Jateng-DIY)

Semarangpos.com, SEMARANG – Bangunan bagian depan Kantor Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Regional 3 Jateng-DIY, yang merupakan bekas istana Oei Tiong Ham di Jl. Kiai Saleh, Kota Semarang, roboh, Selasa (28/7/2020) sore, sekitar pukul 16.00 WIB.

Pihak OJK Regional 3 Jateng-DIY mengaku robohnya bangunan bersejarah itu sebenarnya sudah diprediksi sejak awal. Hal itu dikarenakan sebelum ambruk sudah terlihat tanda-tanda kerusakan, berupa tiang penyangga bangunan yang retak. Kerusakan itu pun membuat OJK melakukan renovasi.

Kepala OJK Regional 3 Jateng-DIY, Aman Santosa, mengatakan bangunan bersejarah itu roboh saat proses renovasi. Sehingga, saat roboh kondisi bangunan itu memang tengah kosong atau tidak ada aktivitas pegawai di lokasi tersebut.

Tempati Rumah Oei Tiong Ham Puluhan Tahun, Keluarga Mantan Kasdam Diponegoro Diminta Hengkang

“Proses renovasi berjalan sejak Sabtu [25/7/2020]. Jadi, sejak Senin [27/7/2020] kemarin tidak ada yang bekerja di bangunan itu karena sudah dipindahkan ke bangunan yang lain,” ujar Aman.

Aman menambahkan proses renovasi bekas istana Oei Tiong Ham itu sebenarnya sudah direncanakan sejak awal. Namun, proses renovasi itu terkendala perizinan gedung yang merupakan bangunan cagar budaya (BCB).

“Kan itu merupakan BCB, jadi untuk memperbaiki harus seizin otoritas terkait [Badan Pelestarian Cagar Budaya]. Begitu dapat izin, langsung kita lakukan renovasi. Sabtu kemarin kita mulai renovasinya,” imbuhnya.

Aman menambahkan selama proses renovasi, pelayanan maupun aktivitas operasional pengawai OJK Regional 3 Jateng-DIY tetap berjalan seperti biasa.

“Jadi gedung tersebut memang sedang direnovasi, sehingga sebelumnya [ambruk] gedung itu sudah dikosongkan,” jelasnya.

Aman menambahkan renovasi di gedung itu sebenarnya sudah dilakukan beberapa kali. Renovasi dilakukan karena bangunan tersebut sudah cukup tua.

Kantor OJK Jateng-DIY, Bekas Istana Oei Tiong Ham Roboh

Istana Gergaji

Bangunan yang saat ini menjadi Kantor OJK Regional 3 Jateng-DIY itu dulunya peninggalan Oei Tiong Ham. Oei Tiong Ham disebut sebagai konglomerat yang berjaya pada masa Hindia Belanda atau awal abad ke-20.

Oei Tiong Ham yang juga dikenal sebagai Raja Gula Asia memulai usaha setelah mewarisi perusahaan milik ayahnya, Oei Tjie Sien.

Semula ia memiliki kekayaan sekitar 17,5 juta gulden. Namun, lama kelamaan hartanya mencapa 200 juta gulden dan membuatnya menjadi orang terkaya di Hindia Belanda.

Ia kemudian mendirikan bangunan megah bak istana di kawasan Gergaji, Kota Semarang. Warga sekitar menyebut bangunan itu sebagai Istana Balekambang atau Istana Gergaji.

Pada awalnya, luas Istana Gergaji mencapai 81 hektar atau 810.000 meter persegi. Namun, kini luasnya tinggal sekitar 8.000 meter persegi karena sisanya sudah digunakan sebagai area perkantoran yang terletak di Jl. Pahlawan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.