Bentuk Satgas Covid-19, Kodam Diponegoro Siapkan 8 Rumah Sakit Tentara

Kodam IV Diponegoro membentuk satgas dan menyiapkan 8 rumah sakit tentara (RST) di wilayah Jateng dan DIY untuk menangani kasus virus corona atau Covid-19.

Bentuk Satgas Covid-19, Kodam Diponegoro Siapkan 8 Rumah Sakit Tentara Prajurit Kodam IV Diponegoro saat melakukan pengecekan di Posko Satgas Covid-19. (Semarangpos.com-Pendam Diponegoro)

Semarangpos.com, SEMARANG — Penanganan kasus persebaran virus corona di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan berjalan lebih cepat. Hal ini menyusul ikut andilnya prajurit TNI Kodam IV Diponegoro dalam penanganan kasus virus corona di Jateng dan DIY.

Kodam IV Diponegoro bahkan telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang berada di bawah komando, Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) IV Diponegoro, Kolonel Ckm. dr. Rahmat Saptono.

Selain membentuk Satgas Covid-19, Kodam IV Diponegoro juga telah menyiapkan delapan rumah sakit tentara (RST) untuk menangani pasien virus corona. Dari delapan RST itu empat di antaranya bahkan sudah menangani pasien virus corona. Keempat RST itu yakni RST Bhakti Wira Tamtama Semarang, RST Dr. Soedjono Magelang, RST Dr Soetarto Yogyakarta, dan RST Dr Asmir Salatiga.

Warga Bandel untuk Social Distancing, Akses Jalan Protokol di Semarang Ditutup

“Hingga Sabtu [28/3/2020], keempat RST itu sudah menangani 47 kasus Covid-19 yang terdiri dari 22 orang dalam pemantauan [ODP], 19 pasien dalam pengawasan [PDP], 3 pasien positif, dan tiga pasien meninggal dunia,” ujar Kakesdam IV Diponegoro, Minggu (29/3/2020).

Pasien dirawat

Rahmat menambahkan dari 22 ODP yang ditangani, empat orang di antaranya dirawat di RST Magelang, 3 di RST Yogyakarta, 11 di RST Semarang, dan 4 di RST Salatiga.

Sementara 19 PDP, 12 orang di antaranya dirawat di RST Magelang, 1 orang di RST Yogyakarta, dan 6 di RST Semarang. “Sedangkan tiga pasien positif dirawat di RST Magelang. Sedang yang meninggal dunia, satu di antaranya sudah dinyatakan positif di RST Magelang dan dua orang lainnya belum dipastikan positif di RST Magelang dan RST Semarang,” imbuhnya.

Harga Empon-Empon di Semarang Stabil Tinggi

Selain membantu menangani pasien virus corona, Satgas Covid-19 Kodam IV Diponegoro juga melakukan berbagai upaya pencegahan seperti sosialisasi cuci tangan, etika batuk, dan lain-lain.

“Satgas melalui aparat satuan wilayah juga memberikan imbauan ke warga untuk menjaga kebersihan serta melakukan social distancing dan physical distancing. Selain itu, kami juga bekerja sama dengan instansi lain dalam melakukan penyemperotan disinfektan ke fasilitas umum,” jelas Kakesdam IV Diponegoro.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.