Di Kebumen, Dyo Coba Nikmatnya Nasi Kendil

Hampir setiap daerah di Indonesia punya menu nasi sebagai makanan khas. Sebutlah nasi liwet di Solo, nasi jamblang di Cirebon, dan nasi kendil di Kebumen.

Di Kebumen, Dyo Coba Nikmatnya Nasi Kendil Unggahan Youtube Dyodoran mengenai karta kuliner nasi kendil di Kebumen. Rabu (8/1/2020). (Youtube-Dyodoran)

Semarangpos.com, KEBUMEN Hampir di setiap daerah di Indonesia mempunyai menu nasi sebagai makanan khas. Sebutlah misalnya nasi liwet dari Solo, nasi jamblang dari Cirebon, dan nasi kendil dari Kebumen.

Youtuber Dyodoran mendapatkan rekomendasi dari teman-temannya untuk mencoba karya kuliner khas Kebumen. Salah satu warung yang disambangi oleh Dyo adalah Nasi Kendil Mbah Banjir. Lokasinya berada di Dusun Sangkal Putung, Desa Semondo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Setibanya di warung tersebut, Dyo langsung menanyakan menu di kedia penyedia nasi kendil itu. “Isinya nasi putih, oseng kacang-tempe, dan gudeg,” jawab Fauzi, salah seorang pemilik kedai tersebut.

Ada Hantu Tampakkan Diri di Rumah Sehat Corona Sukoharjo…

Dinamakan nasi kendil karena gudeg atau sayur nangka tersebut ditaruh di dalam kendil. Karya kuliner ini menjadi hidangan untuk sarapan yang banyak dicari di Gombong. Maka, tak heran jika karya kuliner di warung ini bisa ludes dalam hitungan jam.

“Kita buka dari jam 05.30 WIB sampai hambis sekitar jam 08.00 WIB,“ terang Fauzi dalam rekaman video yang diunggah pengelola channel Youtube Dyodoran dengan judul Sate Bebek Tambak Banyumas, Rabu (8/1/2020).

Harga Terjangkau

Porsi yang tidak terlalu banyak untuk sarapan membuat harga nasi kendil ini sangat terjangkau. “Nasi sayur Rp5.000 kalau pakai peyek tambah Rp1.500,” ucap Fauzi.

Kedai tersebut menyediakan dua jenis peyek, yaitu peyek kacang dan peyek teri. Hidangan ini disajikan dengan alas daun pisang.

Pohon di Tanggul Sungai Sukoharjo Ditebang, Ular Bermunculan…  

Dyo langsung menjelaskan nasi kendil yang ada di tangannya. “Jadi nasi kendilnya itu ada oseng kacang panjang yang dicampur tempe, gudeg dengan kuah santan, dan dicampur dengan peyek,” jelasnya.

Dia secara khusus mengulas rasa gudeg beserta nangka yang disajikan. “Untuk rasa gudegnya itu gurih dan nangkanya benar-benar empuk. Rasa santan dan rempah-rempahnya sangat kuat,” ucap Dyo setelah mencicip gudeg itu.

Dia juga memaparkan betapa lezat paduan masakan yang dipadukan dalam nasi kendil. “Setelah diaduk menjadi satu dengan oseng kacang rasanya menjadi seimbang asin dan pedas,” terang Dyo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

https://youtu.be/YonPSA_gBzU

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.