Di Rumah Saja? Yuk Intip Resep Wedang Tahu Khas Kota Semarang…

Wedang tahu bisa jadi merupakan minuman penghangat andalan Kota Semarang apalagi terbilang mudah dalam cara pembuatannya. Coba saja!

Di Rumah Saja? Yuk Intip Resep Wedang Tahu Khas Kota Semarang… Wedang Tahu yang menjadi minuman penghangat khas Kota Semarang, Jawa Tengah. (Instagram—ellyzabethwu)

Semarangpos.com, SEMARANG — Wedang tahu menjadi minuman penghangat andalan Kota Semarang. Maklum saja, karya kuliner ini terbilang mudah dalam cara pembuatannya. Kalian wajib mencoba resep wedang tersebut selagi di rumah saja.

Sebelum mencoba resepnya, kalian harus tahu jika asal-usul wedang tahu sebelum ada di Indonesia. Pada awalnya, wedang tahu berasal dari China. Masyarakat di sana membawa resep minuman tersebut ketika datang ke Indonesia terutama Semarang pada akhir abad ke-19.

Tahukah kalian jika sebelum ada di Indonesia, wedang tahu memiliki rasa yang gurih. Setelah sampai di lidah orang Jawa, disesuaikanlah rasanya dari gurih menjadi manis.

Begini Cara PSIS Semarang Rayakan Ultah ke-88 di Tengah Pandemi Covid-19…

Bukan hanya itu, ada kemiripan rasa wedang tahu dengan wedang ronde. Yaitu diberi tambahan jahe yang dipercaya dapat menghangatkan badan. Bedanya, jika ronde memiliki isian yang berwarna-warni, sedangkan wedang tahu hanya putih seperti bubur sum-sum.

Apa itu wedang tahu? Jika kalian membayangkan sajian minuman ini terbuat dari tahu seperti tahu pong Semarang, kalian salah. Wedang tahu sebenarnya terbuat dari susu kedelai yang dicampur dengan air garam dan bubuk agar-agar.

Bahan-bahan tersebut dimasak sampai menjadi kembang tahu yang lembut seperti tahu sutera. Nah, kembang tahu itulah yang nantinya akan kalian temui di dalam semangkuk wedang tahu.

Adik Sara Wijayanto Mengejar Sosok Noni Belanda di Vila Angker Jogja

Penasaran dan pengin mengolah? Yuk coba resep yang yang dihimpun Semarangpos.com dari berbagai sumber, Sabtu (16/5/2020). Untuk membuat wedang tahu kalian perlu menyiapkan panci untuk merebus beberapa bahan seperti susu kedelai, gula, garam, dan bubuk agar-agar.

Kembang Tahu

Saat semua bahan direbus, kalian harus menunggu beberapa saat sampai semua bahan tercampur dan mendidih. Kalau menurut kalian sudah matang, angkat panci dari kompor dan biarkan adonan hingga dingin dan menjadi kembang tahu.

Kali ini resep dan cara membuat kuah wedang tahu yang dipastikan menambah rasa nikmat. Kalian hanya membutuhkan gula merah, gula pasir, jahe, daun pandan, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, dan garam.

Inilah Cerita Benteng Willem II Ungaran

Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih dan aduk terus sampai larut. Untuk cara penyajiannya, kalian hanya perlu mengiris tipis kembang tahu yang sudah didinginkan dan sajikan ke dalam sebuah mangkuk. Kemudian siram dengan kuah selagi hangat.

Jika tidak ingin repot membuatnya, kalian juga bisa membeli di kedai pinggir jalan. Salah satu kedai wedang yang terkenal di Semarang adalah Wedang Tahu Pak Adi. Berlokasi di Jl. Setia Budi No. 68-A, Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Lebih mudahnya lagi, berada di depan Swiss Setiabudi. Untuk harga, pelanggan hanya perlu merogoh kocek Rp6.000 sampai Rp8.000. Kalian bisa mulai menikmati wedang tahu tersebut mulai pukul 12.00 WIB hingga 22.00 WIB.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.