Ganjar Setuju Asrama Haji Donohudan Jadi Tempat Isolasi Covid-19

Keinginan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, agar Asrama Haji Donohudan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 mendapat persetujuan Gubernur Jateng.

Ganjar Setuju Asrama Haji Donohudan Jadi Tempat Isolasi Covid-19 Ilustrasi ruangan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Solopos/dok)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyetujui permintaan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, untuk menjadikan Asrama Haji Donohudan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Ganjar bahkan mengaku Donohudan sudah dipersiapkan sejak lama menjadi tempat isolasi pasien Covid-19.

“Kalau saya oke-oke saja. Donohudan itu memang kita siapkan kok. Kalau mau dipakai oke saja. Hotel ada, Donohudan juga ada. Umpama Solo mau pakai, masuk nanti sore. Enggak usah berlama-lama,” ujar Ganjar di rumah dinasnya, Rabu (2/12/2020) malam.

12 Wilayah Di Jateng Zona Merah Covid-19, Mana Saja?

Ganjar menambahkan saat ini dirinya memang tengah mendorong seluruh kabupaten/kota untuk memiliki tempat isolasi terpusat atau pusat karantina.

Bahkan, ia menargetkan seluruh kabupaten/kota sudah memiliki tempat isolasi pasien Covid-19 secara terpusat per 9 Desember 2020.

Dengan adanya tempat isolasi terpadu, maka masyarakat yang terpapar Covid-19 dapat lebih nyaman melewati masa karantina. Di tempat itu, mereka dapat beristirahat dengan tenang, terkontrol, makanan terjamin, dan pengawasan juga berjalan ketat.

“Kan memang lebih baik terpusat, daripada isolasi di rumah. Soalnya isolasi di rumah kalau tidak memenuhi syarat. Justru menjadi klaster rumah tangga. Dan sekarang, klaster rumah tangga itu menjadi klaster tertinggi di Jateng,” jelasnya.

Isolasi Mandiri Tak Disiplin, Jateng Bakal Dirikan Pusat Karantina Covid-19

Sebelumnya, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menegaskan bahwa ruang isolasi rumah sakit di Solo telah penuh. Ia mengusulkan agar Asrama Haji Donohudan difungsikan untuk menampung pasien positif Covid-19. Namun ia mengatakan, sudah mengusulkan hal itu pada Ganjar selama tiga kali, tapi belum ada tanggapan.

Ia beralasan, pemusatan tempat isolasi di Donohudan itu lebih baik daripada isolasi mandiri di rumah. Sebab, isolasi di rumah tidak bisa memutus mata rantai persebaran virus, akan tetapi justru membahayakan anggota keluarga lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.