Hendak ke Bali, Warga Salatiga Malah Positif Corona

Kasus positif Covid-19 atau virus corona di Salatiga kali ini terungkap dari seorang warga yang berniat bepergian ke Pulau Dewata, Bali.

Hendak ke Bali, Warga Salatiga Malah Positif Corona Ilustrasi virus corona. (Freepik)

Semarangpos.com, SEMARANG – Kasus positif Covid-19 atau virus corona di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) kembali bertambah Selasa (7/7/2020). Kali ini kasus positif Covid-19 itu berasal dari seorang laki-laki berusia 44, warga Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga, Siti Zuraidah, mengatakan kasus terbaru Covid-19 itu diketahui melalui hasil swab di Semarang. Pasien diketahui terpapar virus corona setelah melakukan pemeriksaan secara mandiri karena ingin bepergian ke Pulau Dewata, sebutan Bali.

“Jadi, dia melakukan pemeriksaan mandiri di Semarang karena akan bepergian ke Bali. Ternyata, hasil tesnya menyatakan dia positif Covid-19,” ujar Zuraidah, Selasa siang.

Perwali Salatiga Soal Covid Terbit, Ibu Hamil & Anak Dilarang ke Pasar

Zuraidah mengaku pria yang dinyatakan positif Covid-19 itu tidak memiliki gejala sakit apa pun, atau diklarifikasikan sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Kondisi itu pun menandakan jika transmisi lokal virus corona di Kota Salatiga sudah cukup parah dan tidak terdeteksi.

“Semoga saja, dia selama ini mematuhi protokol kesehatan dan tidak melakukan kontak fisik dengan banyak orang. Semoga tracing-nya juga tidak terlalu meluas,” imbuh Zuraidah.

Tingkat kesembuhan

Selain mengumumkan penambahan kasus, Zuraidah juga mengabarkan adanya satu pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Pasien yang sembuh itu merupakan perempuan berusia 54 tahun, warga Kelurahan Tegalrejo.

Di Pasar Sapi Ambarawa, Sapi Jumbo Siap Sambut Iduladha

Dengan adanya tambahan satu pasien positif, dan satu pasien sembuh, maka hingga kini total kasus positif Covid-19 di Salatiga telah mencapai 88 orang.

Perinciannya, 19 pasien masih dirawat dan 69 dinyatakan sembuh. Dengan demikian, angka kesembuhan Covid-19 di Kota Salatiga hingga kini telah mencapai 78,40%.

Meski angka kesembuhan terbilang tinggi, Zuraidah meminta warga tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah persebaran Covid-19.

“Selalu patuhi protokol kesehatan. Caranya, tetap gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan di air yang mengalir, dan jaga imunitas tubuh dengan istirahat yang cukup,” imbau Kepala Dinkes Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.