Ini Video Detik-Detik Tanggul Sungai Jebol di Kudus…

Tanggul Sungai Piji di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis (20/2/2020) pagi, kembali jebol.

Ini Video Detik-Detik Tanggul Sungai Jebol di Kudus… Banjir di Kudus. (dok.)

Semarangpos.com, KUDUS – Tanggul Sungai Piji di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis (20/2/2020) pagi, jebol. Akibatnya, permukiman di sekitar tanggul pun kembali tergenang banjir.

Tanggul sepanjang 15 m jebol lantaran volume air yang terus naik menyusul hujan yang terus tercurah dari langit. Menurut Kepala Desa Kesambi, Mokhamad Masri, sekitar pukul 06.00 WIB air sungai mulai meluap.

Ketinggian genangan air di permukiman warga diperkirakan mencapai 1,3 m. Sedangkan di dalam rumah, kedalaman air hampir 50 cm.

Unnes Tunda Sepihak Debat Rektor vs Sucipto

Salah seorang warga Desa Kesambi sempat merekam kondisi tanggul tersebut. Video yang menunjukkan detik-detik tanggul Sungai Piji Jebol diunggah di Instagram @infoseputarkudus, Kamis (20/2/2020).

Dalam rekaman video tersebut tampak tanggul itu jebol secara perlahan-lahan. Air langsung masuk tanpa bisa dicegah. Beruntung, saat itu banyak warga yang sudah siaga di sekitar tanggul.

200 Rumah Terendam

Akibatnya, sekitar 200 rumah terendam dan memaksa sebagian warga mengungsi untuk sementara waktu. Pemerintah Desa Kesambi bersama personel siaga bencana setempat segera melakukan evakuasi terhadap warga yang sakit dan lanjut usia.

 

View this post on Instagram

 

#kv_news EFAKUASI WARGA DS.KRSAMBI #ak

A post shared by KUDUS VIRAL (@kudusviral) on

Selain mengakibatkan rumah dan permukiman warga tergenang banjir, air Sungai Piji juga membawa sampah dalam jumlah yang besar pada konstruksi jembatan.

Rumah Roboh di Semarang, 2 Nyawa Melayang

Beruntungnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus bersama warga dan personel Polsek Mejobo segera membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat di Jembatan III Jesambi.

Banjir di permukiman Kudus diyakini akan menyusut jika air dapat mengalir dengan lancar. Sebelumnya, tanggul Sungai Piji juga pernah jebol pada 12 Januari 2020 silam. Jebolnya tanggul menyebabkan sekitar 72 rumah warga tergenang.

Namun, banjir kali ini dianggap yang paling parah dibanding banjir yang sebelumnya merendam salah satu kawasan di Kudus itu. (Dhina Cantya/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.