Tutup Iklan

Hasil Rapid Test , 24 Orang di Pasar Tumenggungan Kebumen Reaktif Covid-19

Sebanyak 926 orang di Pasar Tumenggungan, Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) menjalani rapid test, di mana 24 orang di antaranya dinyatakan reaktif Covid-19.

Hasil Rapid Test , 24 Orang di Pasar Tumenggungan Kebumen Reaktif Covid-19 Ilustrasi rapid test. (Dok. Solopos.com)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 926 orang pedagang dan pengunjung Pasar Tumenggungan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) menjalani rapid test, Sabtu (16/5/2020). Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 24 orang di pasar menunjukkan hasil reaktif virus corona atau Covid-19.

Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, mengatakan rapid test digelar selama lima jam, mulai pukul 02.00 WIB-07.00 WIB. Pasar Tumenggungan Kebumen dipilih menjadi lokasi rapid test karena sebagai tempat keramaian berpotensi menjadi klaster baru persebaran Covid-19.

“Apalagi di Pasar Tumenggungan ditemukan salah satu pasien [Covid-19] yang sering ke pasar,” ujar Arif dikutip laman Internet resmi Pemprov Jateng, Minggu (17/5/2020).

Jalan Kaki ke Gunung Muria, Pria Jepara Dilaporkan Hilang

Sementara itu salah satu pedagang, Siti Khotimah, mengaku tak keberatan dengan pelaksanaan rapid test massal tersebut. Dirinya justru senang karena akan mendapat kejelasan sehingga tidak lagi merasa waswas. Siti berharap tes massal ini dapat mencegah persebaran virus corona atau Covid-19 di pasar.

Sementara itu, Arif meminta bagi warga yang hasil rapid test menunjukkan reaktif untuk melakukan karantina mandiri. Mereka juga harus menjalani pemeriksaan swab melalui uji polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium.

“Bagi yang hasilnya reaktif sudah kita catat. Akan langsung dilacak oleh petugas Puskesmas, mereka sementara karantina mandiri sambil dilakukan swab,” imbuhnya.

Rapid Test Covid-19 di Pasar Peterongan Semarang, 2 Orang Dinyatakan Positif

Arif pun meminta warga untuk tidak panik, meski dalam pemeriksaan atau rapid test itu ditemukan ada yang reaktif. Hal itu dikarenakan hasil reaktif dalam rapid test belum tentu positif Covid-19.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengimbau warga untuk tetap berhati-hati, dan meningkatkan kewaspadaan dalam pencegahan penularan Covid-19.

Sementara itu, selain di Pasar Tumenggungan, rapid test untuk mendeteksi persebaran Covid-19 juga digelar di pasar lain di Kebumen. Pasar itu antara lain Pasar Kutowinangun, Pasar Karanganyar, dan Pasar Wonokriyo Gombong.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.