Kasus Positif Covid-19 di Salatiga Tambah 2, Lagi-Lagi Dari Transmisi Lokal

Kasus positif Covid-19 di Salatiga mayoritas berasal dari transmisi lokal atau penularan di antara orang-orang yang berada di lingkungan sekitar.

Kasus Positif Covid-19 di Salatiga Tambah 2, Lagi-Lagi Dari Transmisi Lokal Ilustrasi tes virus corona atau Covid-19. (Freepik)

Semarangpos.com, SEMARANG — Penularan Covid-19 yang berasal dari lingkungan sekitar atau transmisi lokal terus terjadi di Kota Salatiga.

Pada Rabu (17/6/2020), orang yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 dari kasus transmisi lokal bahkan kembali bertambah. Total ada dua warga yang dinyatakan positif, yakni laki-laki berusia 51 tahun dan pemuda berusia 24 tahun.

Dengan bertambahnya kasus itu, praktis hingga kini total kasus positif Covid-19 di Salatiga mencapai 66. Kasus sebanyak itu terdiri dari 39 pasien yang masih dirawat, dan 27 orang yang dinyatakan sembuh.

Duh, Sehari Ada Tambahan 13 Pasien Positif Covid-19 di Salatiga

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Salatiga, Siti Zuraidah, mengaku kasus penularan virus corona di Salatiga memang banyak berasal dari transmisi lokal. Bahkan, pada Senin (16/6/2020) atau sehari sebelumnya, tercatat ada 13 pasien positif Covid-19 yang berasal dari transmisi lokal.

“Dua kasus [baru] ini tidak berhubungan dengan klaster [Blondo Celong atau Cempaka]. Tapi, dari transmisi lokal. Dari mana penularannya? Virus ini sudah ada di lingkungan sekitar kita,” tegas Zuraidah, Rabu siang.

Zuraidah pun meminta kerja sama dan kepedulian masyarakat dalam melawan persebaran virus corona. Terlebih lagi, saat ini Salatiga tengah menyongsong penerapan kaidah baru dalam kehidupan atau new normal.

Kelompok rentan

Salah satu kerja sama itu tak lain adalah penerapan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari. Selain itu, perlindungan terhadap kelompok rentan yang mudah tertular virus corona yakni kelompok usia lanjut, bayi di bawah lima tahun, anak-anak, ibu hamil, dan orang dengan komorbiditas.

Waspada! Sudah 10 Anak di Salatiga Terpapar Covid-19

“Terapkan protokol kesehatan, selalu pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta jaga jarak. Aturan itu harus diterapkan. Akan ada yang mengawasi, dan yang melanggar akan kita beri sanksi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Zuraidah mengaku akan terus melakukan tracing terhadap persebaran virus corona. Tracing dilakukan melalui tes secara masif, baik rapid test maupun swab test.

“Kami dari jajaran Dinas Kesehatan Kota Salatiga akan terus melakukan pencarian, tracing, dan penulusuran melalui tes masif. Tes kita lakukan untuk mencari masih adakan di antara masyarakat kita yang tertular,” tutur Zuraidah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.