Korban Tenggelam di Pantai Pasir Kebumen Ditemukan

Tim SAR menemukan pemancing yang dilaporkan hilang tenggelam di area pemancingan Karangjengking, Pantai Pasir, Kebumen, Jawa Tengah.

Korban Tenggelam di Pantai Pasir Kebumen Ditemukan Tim SAR mengevakuasi jenazah Nugroho yang ditemukan di perairan Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (18/6/2020). (Antara-Basarnas KPP Cilacap)

Semarangpos.com, PURWOKERTO — Tim search and rescue gabungan menemukan seorang pemancing yang dilaporkan hilang akibat tenggelam di area pemancingan Karangjengking, Pantai Pasir, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Tim SAR menemukan warga tenggelam di Kebumen itu tanpa nyawa.

“Korban atas nama Nugroho ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 08.15 WIB,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya. Keterangan itu sisampaikan dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Antara di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (18/6/2020).

Ia mengatakan jenazah Nugroho kali pertama ditemukan oleh salah seorang anggota SAR Jetis, Ambar. Ia saat itu sedang menjaring ikan di sekitar perairan Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Lokasi itu berjarak sekitar 12 mil laut dari lokasi kejadian ke arah barat.

Babi Hutan Aneh di Banyumas Turunan Siluman?

Menurut dia, penemuan tersebut selanjutnya dilaporkan kepada salah seorang personel Basarnas KPP Cilacap yang sedang melakukan pencarian di sekitar Pantai Pasir. “Setelah mengetahui berita tersebut, kami langsung berangkat ke lokasi penemuan untuk mengevakuasi korban dengan menggunakan perahu jukung katir melalui Pantai Logending, Kabupaten Kebumen,” jelasnya.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, kata dia, jenazah Nugroho selanjutnya dibawa ke RSUD dr. Soedirman Kebumen. Jasad itu selanjutnya menjalani pemeriksaan sebelum dipulangkan ke rumah duka, Dusun Perebutan, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang.

Operasi SAR Ditutup

Dengan ditemukannya korban atas nama Nugroho, lanjutnya, operasi SAR untuk mencari korban tenggelam di area pemancingan Karangjengking, Pantai Pasir, secara resmi ditutup. Semua unsur yang terlibat langsung dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Nyoman mengatakan operasi SAR yang membantu keluarga korban berasal dari berbagai potensi. Mereka antara lain personel Basarnas KPP Cilacap, Polsek Ayah, Koramil Ayah, Pos TNI Angkatan Laut Logending, Satpol Perairan Polres Kebumen, BPBD Kabupaten Kebumen, dan SAR Lawet Perkasa. Terlibat juga Tagana Kebumen, Banser Kebumen, Gertak’s Kebumen, MTA Kebumen, SAR Elang Perkasa, Cilacap Rescue, Ubaloka Kebumen, SAR Tunas Kelapa, Serayu Rescue Banyumas, SAR Logending, serta dibantu nelayan sekitar.

Ikan Arwana Koleksi Pria Sukoharjo Digoreng Ayah, Apa Pasal?  

Seperti diwartakan, peristiwa nahas yang dialami Nugroho terjadi pada hari Senin (15/6/2020), sekitar pukul 17.15 WIB. Saat itu, korban bersama seorang temannya sedang memancing di area pemancingan Karangjengking, Pantai Pasir, Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

Berdasarkan informasi yang diperoleh BPBD Kabupaten Kebumen, kedua pemancing yang berasal dari Magelang itu baru kali pertama mencoba memancing di area tersebut. Oleh karena minimnya pengalaman memancing di area pemancingan itu, mereka tersapu gelombang tinggi.

Salah seorang di antara mereka berhasil menyelamatkan diri, namun satu yang lain raib. Kejadian tersebut selanjutnya dilaporkan kepada SAR Lawet Perkasa dan diteruskan ke BPBD Kabupaten Kebumen dan Basarnas KPP Cilacap.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.