Tutup Iklan

Libur Panjang, Konsumsi BBM di Tol Trans Jawa Naik 3 Kali Lipat

Pertamina MOR IV JBT mencatat adanya kenaikan permintaan atau konsumsi BBM mencapai 300% dibanding hari biasa saat liburan di Tol Trans Jawa.

Libur Panjang, Konsumsi BBM di Tol Trans Jawa Naik 3 Kali Lipat Sejumlah kendaraan tengah mengantre mengisi BBM di SPBU Tol Trans Jawa KM 379, Minggu (1/11/2020). (Semarangpos.com-Humas PT Pertamina MOR IV)

Semarangpos.com, SEMARANG – PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) mencatat adanya kenaikan permintaan bahan bakar minyak (BBM) mencapai tiga kali lipat atau 300% di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di tol Trans Jawa selama libur panjang pekan lalu.

Hal itu disampaikan Pejabat Sementara (Pjs.) Manajer Unit Komunikasi, Relasi, dan CSR Pertamina MOR IV, Kevin Kurnia Gumilang, Minggu (1/11/2020). Kevin menyebut ada tiga SPBU yang tersebar di tol Trans Jawa, yakni di area KM 379, 429, dan 519.

“Kenaikan konsumsi BBM di SPBU Tol Trans Jawa KM 379 misalnya. Saat normal, rata-rata penyaluran harian mencapai 60 kiloliter (kl) per hari. Tapi, saat libur panjang kemarin mencapai 178 kl per hari. Kenaikan tertinggi terjadi pada 28 Oktober lalu,” ujar Kevin.

Pertamina Siapkan 788 SPBU di Jateng & DIY saat Libur Panjang

Kevin menambahkan total konsumsi BBM jenis gasoline atau bensin di Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta pada masa liburan kemarin rata-rata naik 4%. Meski demikian, konsumsi BBM jenis gasoil cenderung stabil, begitu pula dengan permintaan elpiji.

Mobile Storage

Kendati ada kenaikan permintaan BBM di ruas tol, Kevin mengaku hal tersebut tidak menjadi kendala. Penyaluran BBM berjalan normal karena Pertamina menyiagakan mobil storage di SPBU yang terletak di ruas tol.

Mobile storage merupakan truk tangki BBM yang disiagakan di SPBU rest area tol Trans Jawa. Fungsinya, tak lain agar pengisian bisa berjalan secara cepat jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan konsumsi yang signifikan,” imbuh Kevin.

Libur Panjang, Satpol PP Semarang Razia Masker di Kota Lama, 62 Pengunjung Rapid Test

Selain itu, Pertamina juga telah menyiagakan stok BBM di ruas tol B tol wilayah Jateng sebagai antisipasi lonjakan konsumsi saat arus balik nanti,

“Untuk wilayah Jawa Bagian Tengah, Pertamina telah menyiagakan stok BBM di ruas B tol trans Jawa terutama di SPBU KM 519, KM 389, KM 369, dan KM 260. Kami harap konsumen tidak lupa untuk mengisi tangka kendaraannya secara full sebelum berkendara dalam jarak jauh,” kata Kevin.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.