Pemasangan Tiang Pancang Atasi Jalan Bergelombang di Godong Grobogan

Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Jateng melakukan terapi jalan bergelombang di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jateng.

Pemasangan Tiang Pancang Atasi Jalan Bergelombang di Godong Grobogan Petugas membersihkan rumput di tepi jalan provinsi di Desa Jatilor, Godong, Grobogan, Jateng. (Semarangpos.com-Arif Fajar S.)

Semarangpos.com, PURWODADI — Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Jawa Tengah melakukan terapi jalan bergelombang di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jateng. Terapi dengan pemasangan tiang pancang dilakukan untuk menahan pergerakan tanah di bawah jalan utama Semarang-Purwodadi.

Terapi dengan pemasangan tiang pancang untuk penguat bahu jalan, menurut Kepala Balai Pelaksana Teknis (BPT) Dinas Bina Marga Provensi Jateng, Wilayah Purwodadi Joko Winangun akan dilakukan di jalan provinsi yang berlokasi di Desa Jatilor, Kecamatan Godong, Grobogan.

“Kondisi tanah yang ekpansif atau bergerak membuat permukaan jalan bergelombang tapi tidak berlubang. Keadaan permukaan jalan yang bergelombang ini tentu membuat tidak nyaman pengendara yang melewati jalan tersebut. Penanganannya adalah dengan pemancangan tiang pancang beton di sisi jalan untuk memperkuat bahu jalan,” jelas Joko.

Bubur India, Karya Kuliner Seabad Kota Semarang

Dikutip dari bappeda.grobogan.go.id, jalan provinsi yang ada di Kabupaten Grobogan merupakan jalur tengah dari Semarang-Purwodadi-Cepu-Surabaya. Ruas jalan ini sering mengalami kerusakan struktural jalan cukup parah. Kerusakan itu dicurigai karena sifat expansive tanah lempung dari lapisan tanah dasar yang ada pada ruas jalan.

Masalah utama yang ditimbulkan tanah ekspansif adalah : perubahan volume karena mengembang dan menyusutnya tanah, yang dapat mengakibatkan penurunan tidak seragam dan rangkak; penurunan daya dukung tanah; rawan terhadap erosi sangat tinggi ketika dilakukan penggalian dan kondisi pengerjaan yang sulit.

Kerusakan Perkerasan Jalan

Banyak kasus kerusakan perkerasan jalan terjadi pada jalan yang melewati daerah yang memiliki tanah ekspansif seperti ruas jalan Semarang-Purwodadi, Demak-Godong, Demak-Kudus, Wirosari-Cepu.

Pemilihan lokasi pemasangan tiang pancang di jalan provonsi tersebut menurut Joko, adalah di lokasi yang paling riskan. Dari pengamatan semarangpos.com, Selasa (14/4/2020), di lokasi yang akan dipasang tiang pancang di sisi selatan jalan yang berada di Desa Jatilor tersebut berupa jurang.

Warak Ngendog Hasil Akulturasi Warga Kota Semarang

“Sehingga apabila tidak dilakukan terapi dengan pemasangan tiang pancang, selain jalan tersebut bergelombang juga berisiko longsor,” tambah Joko.

Pemasangan tiang pancang juga dilakukan di jalan provinsi Purwodadi-Solo di Kecamatan Geyer, dan jalan provinsi  di Kecamatan Gubug. Dengan terapi pemasangan tiang pancang, lanjut Joko cukup membantu menahan pergerakan tanah.

“Pemasangan tiang pancang di jalan provinsi di Desa Jatilor, Godong sepanjang lebih kurang 300 meter dengan dana sekitar Rp4 miliar mulai Apri ini,” ujar Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.