Pengamat Prediksi Kotak Kosong di Pilwalkot Semarang Dapat Suara

Paslon petahana, Hendrar Prihadi-Hevearita G. Rahayu, akan menghadapi kotak kosong pada Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020.

Pengamat Prediksi Kotak Kosong di Pilwalkot Semarang Dapat Suara Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (tengah) dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Kiri). (JIBI/Antara Foto/R. Rekotomo)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pengamat politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Yuwanto, memperkirakan kotak kosong yang akan menjadi lawan pasangan calon (paslon) petahana pada Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020, Hendrar Prihadi-Hevearita G. Rahayu atau Hendi-Ita, tetap akan mendapat suara.

“Dalam teori, hal semacam itu disebut perilaku pemilih atau ‘voting behavior’,” kata Yuwanto di Semarang, Sabtu.

Menurut dia, meski pasangan Hendi-Ita diusung dan didukung seluruh partai politik dalam Pilkada 2020, diperkirakan tetap ada pemilih yang memilih kotak kosong saat pemungutan suara 9 Desember 2020 nanti.

SMA Instindo Semarang Jadi Satu-Satunya Wakil Jateng di Grand Final Piala Menpora Esports 2020

“Kalau 100 persen memilih Hendi-ita kecil kemungkinannya. Pasti ada yang pilih kotak kosong,” kata dosen politik dan pemerintahan Undip tersebut.

Ia menilai, dalam realita politik merupakan hal yang wajar jika masyarakat ada yang memilih kotak kosong dalam pemilu yang hanya diikuti calon tunggal.

Kehendak partai politik pengusung dan pendukung, lanjut dia, belum tentu merepresentasikan kehendak rakyat.

Meski demikian, menurut dia, pasangan Hendi-Ita diperkirakan tetap menang mutlak melawan kotak kosong dalam Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020.

Namun, yang harus menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan adalah memastikan partisipasi pemilih tetap tinggi untuk datang ke TPS pada 9 Desember 2020 nanti.

Gelar Dangdutan, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Negatif Covid-19

“Ini bukan hanya tugas KPU, tetapi tugas seluruh pemangku kepentingan,” katanya.

Ia mencontohkan partai politik pengusung dan pendukung Hendi-Ita harus lebih menggencarkan sosialisasi ke masyarakat.

“Jangan sampai karena berpikir Hendi-Ita pasti jadi, kemudian tidak datang ke TPS,” katanya.

Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020 dipastikan hanya diikuti satu pasangan calon. Paslon petahana Hendi-Ita diusung sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang serta lima partai politik nonparlemen.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.