Waspada! Cuaca Ekstrem Disertai Hujan Es Intai Jateng

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia dilanda cuaca ekstrem hingga muncul fenomena hujan es.

Waspada! Cuaca Ekstrem Disertai Hujan Es Intai Jateng Ilustrasi hujan es. (www.theodysseyonline.com)

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem berupa hujan es akan melanda sebagian wilayah Indonesia, termasuk Jawa Tengah atau Jateng.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya, memprediksi dalam periode sepekan ke depan, hujan dengan intensitas lebat disertai petir terjadi di sejumlah wilayah.

BMKG, lanjut Tony, sebelumnya telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Awal musim hujan diprakirakan akan tiba akhir Oktober-November nanti.

Gubernur Ganjar Ngamuk di Kantin, Ketua DPRD Jateng: Jangan Berlebihan

Oleh karenanya, selama bulan September-Oktober ini diprediksi akan terjadi periode peralihan musim atau pancaroba, dari kemarau ke penghujan. Kondisi ini pun membuat hujan akan turun tidak merata di sejumlah wilayah dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

“Pada masa peralihan musim ini, perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem. Antara lain hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung. Bahkan fenomena hujan es,” kata Tony, dikutip dari Suara.com, Rabu (23/9/2020).

BMKG telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020. Prakiraan BMKG sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir Oktober-November 2020.

Selama September-Oktober, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia.

Wilayah terdampak

BMKG memprediksikan dalam periode sepekan kedepan, hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di sejumlah wilayah.

Sejumlah Wilayah di Jawa Alami Musim Hujan Akhir Oktober

Periode 22-24 September, hujan denan intensitas lebat yang disertai petir diprediksi terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Selain itu juga melanda di wilayah Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Pun demikian dengan Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Sementara periode 25-28 September, hujan lebat diprediksi terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Pun demikian dengan wilayah di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Selain itu juga di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.