Sate Sapi Pak Kempleng Juaranya Kuliner di Ungaran

Saat berkunjung ke Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah tak lengkap rasanya jika tak mampir di Kedai Sate Sapi Pak Kempleng.

Sate Sapi Pak Kempleng Juaranya Kuliner di Ungaran Sate Sapi Pak Kempleng ing Jl. Diponegoro No. 271, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. (Instagram—bertiokta)

Semarangpos.com, UNGARAN — Jika berkunjung ke Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah jangan lupa untuk mampir di Kedai Sate Sapi Pak Kempleng. Karya  kuliner yang khas itu disebut-sebut menjadi juaranya makanan di sana.

Sebutan “kempleng” berasa dari si penjual yang mempunyai kebiasaan memiringkan kepalanya saat menyajikan sate sapi tersebut. Pak Kempleng sempat berjualan sate dengan cara dipikul.

Sajian kuliner yang sudah ada sejak tahun 1960 dulu dipikul di sekitar Alun-Alun Ungaran. Sekarang, kalian bisa menjumpai hidangan yang melegenda itu di Jl. Diponegoro No. 271, Ungaran, Kabupaten Semarang dengan sejumlah warung sejenis dengan numerik di belakangnya.

Mercusuar Willem III Saksikan Perjalanan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang  

Walaupun sudah berganti pemilik, namun rasa yang diciptakan dari sate sapi masih sama seperti dulu pada saat Pak Kempleng masih berjualan. Resep khas yang diajarkan secara turun-temurun membuat cita rasa sate tetap maknyus.

Yang unik dari Sate Sapi Pak Kempleng adalah ia menggunakan gula aren dalam mengolah hidangan tersebut. Saat daging mulai menyentuh lidah, pengunjung akan merasakan perpaduan dari gula aren, ketumbar dan merica.

Seperti yang dihimpun Semarangpos.com dari berbagai sumber, Kamis (28/5/2020), daging sapi memang diungkep dengan bumbu rempah. Mengungkep merupakan teknik memasak dengan sedikit air. Hal itu dilakukan agar bumbu lebih meresap dan daging menjadi empuk.

Diserang Covid-19, BPJS Kesehatan Lehih Perhatikan Hipertensi dan Diabetes

Olahan daging sapi di kedai milik Pak Kempleng sama sekali tidak keras sampai susah untuk dikunyah. Kalau orang yang gemar makan steak biasa menyebut tingkat kematangannya medium well.

Memang, daging sapi yang digunakan untuk sate adalah bagian khas dalam. Benar-benar tanpa lemak untuk membuat daging tidak alot.

Bumbu Rahasia

Jika sudah mencicipi sate sapi, pastikan jangan lupa dengan saus kacang khas Pak Kempleng. Masih berbahan dasar gula aren, namun kali ini ditambah bumbu rahasia yang pasti akan menggoyang lidah para pembeli.

Mahasiswa Sebar Foto Telanjang Kekasih, Polisi Banyumas Bergerak

Para pengunjung bisa mulai mencicipi hidangan kuliner tersebut pada pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB. Untuk seporsi sate sapi yang berisi 10 tusuk, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp55.000.

Tidak hanya sate sapi, rumah makan milik Pak Kempleng juga menyajikan menu yang tak kalah nikmat. Seperti sate ayam, gulai kambing, tongseng kambing, sup iga, tongseng sapi, hingga hidangan gongso.

Rumah makan tersebut sudah terkenal di kalangan masyarakat. Beberapa orang terkemuka seperti Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sampai penasaran dengan rasa sate Pak Kempleng itu. Tak tanggung-tanggung, ia sampai mengabadikannya dalam vlog berjudul Kuliner Sate Sapi Pak Kempleng. “Rasakno sate sapi kempleng,” ungkapnya sambil menggelengkan kepala.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.