Solo & Semarang Jadi Prioritas Rapid Test Covid-19

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan memprioritaskan Solo dan Semarang untuk mendapatkan rapid test virus corona.

Solo & Semarang Jadi Prioritas Rapid Test Covid-19 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memimpin rapat penanggulangan virus corona di ruang kerjanya, Jumat (20/3/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan memprioritaskan Kota Solo dan Semarang untuk mendapatkan rapid test atau tes cepat virus corona.

Hal itu dikarenakan kedua daerah itu selama ini yang paling terdampak persebaran virus corona atau Covid-19 di Jateng.

“Prioritasnya ya setidaknya Solo dan Semarang. Itu dilihat dari hasil penelusuran [kasus positif virus corona]. Kalau ada [alat tes cepat] ya kita prioritaskan dulu [Solo dan Semarang],” ungkap Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di kantornya, Jumat (20/3/2020).

Jateng Liburkan ASN, Kecuali Pegawai Rumah Sakit

Total, hingga Jumat (20/3/2020) ada 12 kasus positif virus corona yang ditemukan di Jateng. Dari 12 kasus itu, Semarang mendominasi dengan enam pasien positif Covid-19. Sementara, Solo menempati urutan kedua dengan 5 pasien dan Magelang 1 pasien.

Ganjar mengaku siap jika wacana rapid test virus corona yang diluncurkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diterapkan. Meski demikian, ia belum bisa mengetahui kapan tes itu akan dilakukan.

Hingga saat ini, Ganjar mengaku belum mendapat kabar terkait kapan alat tes cepat itu tiba di Indonesia. Jika sudah, ia pun siap menerjunkan tenaga kesehatan untuk mengaplikasikan ke warga yang diduga terjangkit Covid-19.

Solo KLB Corona, Jalanan Siang Ini Sepi

“Laboratorium kita juga bisa bantu buat VTM [virus transport medium]. Jadi, kalau pemeriksaannya harus lebih detail lagi. Tinggal ada berapa alat yang harus dibeli dari luar. Prioritas ya setidaknya Solo dan Semarang,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak pejabat di wilayahnya memberi contoh, dengan memeriksakan diri sendiri. Lantaran, ketika seseorang tertular virus corona, gampang untuk melakukan isolasi dan pengobatan.

“Saya angkat jempol dengan Wali Kota Bogor, Arya Bima. Langsung saya WA dia. Dia hebat karena mau deklarasikan diri. Kalau kena kan diisolasi dan diobati. Ketika sudah sembuh dia akan imun [kebal],” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.