Sudikah Roro Jonggrang Nikah dengan Pembunuh Ayahnya?

Legenda Roro Jonggrang pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Tengah.

Sudikah Roro Jonggrang Nikah dengan Pembunuh Ayahnya? Tangkapan layar dari video unggahan channel Riri Cerita Anak Interaktif di Youtube terkait perubahan Roro Jonggrang menjadi Arca Durga di Candi Prambanan, Sabtu (17/8/2019). (Youtube-Riri Cerita Anak Interaktif)

Semarangpos.com, SLEMAN — Legenda Roro Jonggrang pasti sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya Daerah Istimewa Jogjakarta dan Jawa Tengah. Konon, candi ke-1.000 di Kompleks Candi Prambanan tercipta karena Roro Jonggrang melakukan cara curang supaya tidak perlu menikah dengan Bandung Bondowoso.

Bandung Bondowoso atau sesuai Paugeran Sriwedari 1926 ditulis sebagai Bandung Bondawasa bertemu dengan Roro Jonggrang alias Rara Jongrang sesuai Paugeran Sriwedari 1926. Pertemuan kedua insan berlainan jenis kelamin itu terjadi setelah Bandung Bondowoso berhasil membunuh Prabu Boko alias Prabu Baka sesuai Paugeran Sriwedari 1926.

Kisah ini disarikan Semarangpos.com, Kamis (20/8/2020), dari video unggahan channel Riri Cerita Anak Interaktif di Youtube pada 17 Agustus 2019 silam.

Lahirkan Bayi Laki-Laki, Anak Punk Pendarahan di Semak Belukar Brebes

Bandung Bondowoso langsung terpesona pada kecantikan Roro Jonggrang yang terlihat bak bidadari. Pemuda itu pun teringat bahwa ayah sang gadis telah menyerang kerajaannya terlebih dahulu. “Jika kau mau menjadi istriku, aku akan mengampunimu dan seluruh rakyatmu,” katanya.

Roro Jonggrang merasa dilema. Dia ingin menyelamatkan rakyat Kerajaan Boko dari serangan balasan Kerajaan Pengging. Namun, ia tidak mau menikah dengan laki-laki yang telah membunuh ayahnya.

Gadis itu berkata akan menerima lamaran tadi asalkan Bandung Bondowoso bisa memenuhi permintaannya. “Yang pertama, buatkan aku Sumur Jalatunda!” ujarnya.

Pernyataan Ironis Gus Mus: Apakah Pemkab Rembang Tak Punya Bendera?

Bandung Bondowoso menyanggupinya. Dia mampu menyelesaikan sumur dalam waktu sekejap berkat kesaktiannya.

Lolos dari Jebakan

Patih Gupala menimbun sumur dengan tanah dan batu sebelum Bandung Bondowoso sempat keluar dari dalamnya. Namun, putra raja dari Kerajaan Pengging tadi berhasil keluar.

Bandung Bondowoso merasa tertipu. Setelah Roro Jonggrang menjelaskan bahwa peristiwa tadi merupakan ujian pertama, kemarahannya segera memudar.

Inilah 5 Pemimpin Wanita di Alam Gaib Indonesia, Salah Satunya Nyai Rara Kidul

“Syarat yang kedua, aku meminta kau membangun seribu candi dalam waktu semalam,” ucap Jonggrang.

Pada malam harinya, Bandung Bondowoso meminta bantuan jin. Malam masih panjang, namun 1.000 candi hampir selesai berkat kesaktiannya.

Roro Jonggrang merasa takut. Lalu, ia memerintahkan para dayang serta perempuan desa untuk menumbuk padi dan membakar jerami.

Ditangkap Karena Aku Ora Percoyo Korona Viral, Bobyndavidson Akhirnya Bebas…

Suara alu dan pancaran sinar api membuat ayam mengira bahwa hari sudah pagi. Akhirnya, para jin terbodohi oleh sinar tadi dan suara kokokan ayam. Mereka pun lari tunggang-langgang karena takut bahwa mentari sudah terbit.

Kali ini Bandung Bondowoso benar-benar marah kepada Roro Jonggrang. “Aku akan membuatmu menjadi hiasan candiku!” serunya.

Lalu, Roro Jonggrang berubah menjadi Arca Durga alias candi ke-1.000 tersebut. Sekarang masyarakat mengenalnya sebagai Candi Prambanan yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.