Tahukah Kamu? Bengawan Solo Punya 7 Mitos…

Di balik keindahan Sungai Bengawan Solo yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa terdapat misteri dalam mitos kepercayaan masyarakat.

Tahukah Kamu? Bengawan Solo Punya 7 Mitos… Tangkapan layar dari video unggahan channel Pen History di Youtube, Sabtu (12/10/2019). (Youtube-Pen History)

Semarangpos.com, KARANGANYAR — Sungai Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa. Sungai tersebut melintasi dua provinsi, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di balik keindahannya terdapat misteri yang tersimpan dalam mitos kepercayaan masyarakat di sepanjang Bengawan Solo.

Mitos yang berkembang di masyarakat terkait Sungai Bengawan Solo ini disarikan Semarangpos.com, Selasa (18/8/2020), dari video unggahan channel Pen History di Youtube pada 12 Oktober 2019 silam.

Pertama, sang Ratu Ular. Pada suatu hari, seorang pria datang ke sana. Tiba-tiba sosok siluman ular yang memakai mahkota muncul di hadapannya.

Ditangkap Karena Aku Ora Percoyo Korona Viral, Bobyndavidson Akhirnya Bebas…

“Siluman ular tersebut meminta tumbal padanya untuk dijadikan budak,” cerita si pengelola channel.

Namun, pria itu ternyata sakti sehingga dapat mengalahkan Ratu Ular. Ratu gaib itu pun bersumpah akan mengganggu setiap manusia, kecuali orang-orang yang sudah mencelupkan kaki di sungai terlebih dahulu.

Penjagalan Anggota PKI

Kedua, Jembatan Bacem di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Tempat itu dipercaya masyarakat sebagai lokasi penjagalan bagi para tahanan yang diduga merupakan anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Inilah 5 Pemimpin Wanita di Alam Gaib Indonesia, Salah Satunya Nyai Rara Kidul

Ketiga, pohon donoloyo di Jembatan Keramat, Dukuh Demangan, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jembatan tersebut menghubungkan desa yang dipisahkan oleh anak Sungai Bengawan Solo.

Pada sekitar tahun 2004 sampai tahun 2005, warga setempat bermaksud merenovasinya. Namun, mereka tidak pernah berhasil karena jembatannya selalu roboh.

Konon, ada penunggu di pohon donoloyo yang terletak tak jauh dari sana.

Pernyataan Ironis Gus Mus: Apakah Pemkab Rembang Tak Punya Bendera?

Keempat, si Setan Merah. Pengelola channel Pen History bercerita tentang seorang wanita yang akan pulang ke rumah setelah membantu hajatan saudaranya. Wanita itu berjalan melewati belakang rumah sang saudara yang dipercaya angker. Setelah sampai rumah, ia langsung tertidur.

Dirasuki Srtan Merah

Pada keesokan harinya, si suami tidak dapat menemukannya. Ternyata perempuan tadi berada di tengah sungai yang memiliki arus deras. Ia tidak ingat apa pun yang telah menimpanya. Konon, ia telah dirasuki Setan Merah.

Kelima, siluman buaya putih di suatu desa. Dia mengincar orang-orang yang mandi di Sungai Bengawan Solo. “Hanya pengunjung yang diincar, bukan warga desa,” ujar pengelola channel tersebut.

Sempat Telanjang Karena Sakit, Wanita Jepara Baru Ditolong Setelah Viral

Keenam, bunga elo yang dipercaya menghiasi Sungai Bengawan Solo. Masyarakat memercayainya sebagai tumbuhan yang memiliki kekuatan gaib. Katanya, keinginan orang yang bisa melihat bunganya dapat terkabul.

Ketujuh, sumur tua berdiameter 6 m di tengah Sungai Bengawan Solo. “Konon, awalnya sumur tersebut berada di tepi sungai,” ucap si pengelola channel Pen History di Youtube.

Namun, sekarang sumur itu berada di tengah sungai. Bagaimana bisa? Si pengelola channel pun menyampaikan perkiraannya, yakni hal itu terjadi sebagai akibat proses alam.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.