Tenaga Medis Penanganan Covid-19 Karanganyar Disediakan Hotel untuk Tinggal, Apa Saja Fasilitasnya?

Tenaga medis terkait penanganan kasus Covid-19 di Karanganyar, Jawa Tengah, diberi fasilitas Hotel Taman Sari Karanganyar sebagai tempat menginap.

Tenaga Medis Penanganan Covid-19 Karanganyar Disediakan Hotel untuk Tinggal, Apa Saja Fasilitasnya? Penjaga Hotel Taman Sari, Karanganyar, Jawa Tengah, menata tempat tidur yang rencananya digunakan tenaga medis dan klinis dari RSUD Karanganyar setelah bekerja, Selasa (5/5/2020). (Semarangpos-Candra Mantovani)

Semarangpos.com, KARANGANYAR – Tenaga medis terkait penanganan kasus Covid-19 di Karanganyar, Jawa Tengah, mendapat perhatian khusus dari Pemkab dengan disediakan Hotel Taman Sari Karanganyar sebagai tempat menginap.

Di hotel tersebut disediakan berbagai fasilitas di antaranya, televisi (TV), meja kerja, dan sofa. Pantauan Semarangpos.com di hotel tersebut, Selasa (5/5/2020), sejumlah pegawai tengah membersihkan kamar hotel sebagai persiapan kedatangan tenaga medis.

Hingga Selasa, memang belum ada tenaga medis RSUD Karanganyar yang memanfaatkan fasilitas tersebut.

Indogrosir Sleman Tutup, 300 Karyawan Jalani Rapid Test karena Pasien Corona Nomor 79 Tak Jujur

Penjaga Hotel Taman Sari, Karanganyar, Minardi, 51, mengatakan kamar yang bakal digunakan untuk tenaga medis berada di lantai II dan III. “Kamar yang kami siapkan ada di lantai II dan lantai III,” ucap Minardi, Selasa.

Di salah satu kamar hotel di lantai II, seorang pria berkaus hitam yang juga penjaga hotel tengah merapikan sprei dan bantal-bantal di kamar tersebut.

Hotel Taman Sari memiliki dua jenis kamar yang bisa digunakan tenaga medis. Perbedaan dua kamar itu hanya jumlah kasur, yakni single bed dan twin bed yang berukuran lebih kecil.

Mantan Danrem Solo & Ajudan Jokowi Jabat Kasdam Diponegoro

Di kamar hotel juga ada TV, sofa, dan meja kerja yang bisa digunakan tenaga medis. Minardi juga menunjukkan di dalam hotel ada ruangan yang juga bisa digunakan untuk makan bersama dan berkumpul.

“Toilet juga dekat di setiap kamar. Ruang makan juga kami siapkan. Kami saat ini masih menunggu teknisnya. Yang jelas tugas kami hanya menyiapkan saja dan siap dipakai kalau dibutuhkan,” beber dia.

Menurut Bupati Karanganyar, Juliyatmono, pemilik Hotel Taman Sari, Gunawan Wirosaroyo, mempersilakan hotel dimanfaatkan untuk tinggal tenaga medis Covid-19 karena alasan kemanusiaan.

Rumahkan Karyawan, Perusahaan Tetap Wajib Bayar THR

Selain itu, status hotel yang bakal digunakan tenaga medis Karanganyar tersebut juga ditutup sementara selama hampir dua bulan.

Niat Membantu

“Niat utama saya untuk membantu penanganan Covid-19. Nanti terkait pengamanan dan lainnya termasuk standar medis saya serahkan kepada Pemkab Karanganyar. Yang jelas untuk aturan internal kami karyawan harus steril dari penyakit dan ruangan steril juga,” beber Gunawan ketika berbincang di rumahnya Senin (4/5/2020) malam.

Terkait biaya sewa hotel, Gunawan mengaku belum membicarakan hal tersebut bersama Pemkab Karanganyar lebih lanjut. Pada waktu biasa, biaya menginap di Hotel Taman Sari senilai Rp300.000 per malam.

Diduga Korsleting, Gudang Tas di Pati Ludes Terbakar

Namun lantaran untuk kemanusiaan, setidaknya, dia berharap ada kompensasi minimal biaya pengganti listrik untuk penggunaan hotel untuk tenaga medis itu.

“Listriknya itu kan bebannya besar sekali. Minimal penggunaan listrik. Tapi terkait kebutuhan pelayanan juga berpengaruh karena sementara karyawan kami rumahkan,” kata Gunawan.

“Kalau mau dipekerjakan kembali menunggu kebutuhan dan teknis yang akan diterapkan. Jadi biaya sewanya saya malah belum tahu berapa jadinya,” ucap dia.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.