Ini Dia Tugu Gada Rujakpala, Ikon Baru Purwokerto Buatan Cepogo Boyolali

Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas memiliki ikon baru yakni Tugu Gada Rujakpala yang berdiri di kawasan Underpass Jenderal Soedirman.

Ini Dia Tugu Gada Rujakpala, Ikon Baru Purwokerto Buatan Cepogo Boyolali Tangkapan layar Tugu Gada Rujakpala. (Youtube Bocahporka)

Semarangpos.com, PURWOKERTO – Kabupaten Banyumas punya ikon baru pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Ikon baru itu tak lain adalah Tugu Gada Rujakpala yang berdiri di wilayah Purwokerto, yang menjadi pusat atau ibu kota Banyumas

Berdasarkan kisah pewayangan, Gada Rujakpala merupakan senjata milik tokoh Pandawa, Werkudara atau yang juga dikenal dengan nama Bima. Senjata Gada Rujakpala digunakan Bima untuk membunuh musuh bebuyutannya, Duryudana, dalam perang Bharatayuddha.

Seperti namanya, Tugu Gada Rujakpala ini pun berbentuk mirip gada. Tugu ini memiliki tinggi sekitar 13 meter dan volume lingkar selebar 24 meter, dengan dilapisi warna kuning keemasan.

Kangen Purwokerto? Tempe Mendoan Mas Epung Bisa Jadi Obatnya…

Rencana tugu yang terletak di jalan menuju Underpass Jenderal Soedirman itu nantinya akan dihiasi air mancur.

Pembangunan tugu ini sudah direncanakan sejak 2019. Namun, pembangunannya baru terealisasi pada awal Mei lalu.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, Widodo Sugiri, mengatakan pembangunan Tugu Gada Rujakpala menghabiskan anggaran mencapai Rp2 miliar.

“Biaya Rp1,8 miliar [sudah termasuk PPN dan overhead]. Untuk biaya konstruksi Rp1,6 miliar [setelah dikurangi PPN dan overhead],” ujar Sugiri, dikutip dari Suara.com, Kamis (1/10/2020).

Masa pengerjaan tugu itu pun memakan waktu sekitar 180 hari. Tugu tersebut mulai dikerjakan Mei dan selesai pada awal Oktober.

Perajin Cepogo Boyolali

Sementara pemasangan kudi dan gada yang rencana dikerjakan Agustus molor menjadi akhir September. Gada tersebut terbuat dari logam kuningan.

“Untuk Gada Rujakpala dan kudi perajin yang membuat dari Cepogo Boyolali,” imbuh Sugiri.

Duh, Klaster Covid-19 Muncul di Ponpes Purwokerto & Kebumen

Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengatakan pembangunan Tugu Gada Rujakpala terinspirasi dari lambing Kabupaten Banyumas.

“Pala itu maksudnya otak, rujak itu diuleg. Jadi otaknya digunakan untuk nalar. Gada Rujapala jadi senjatanya Werkudara,” tutur Husein.

Seorang warga, Dedi, 37,mengaku pembangunan tugu itu semakin mempercantik wilayah Purwokerto. Meski demikian, ia berharap pemerintah memperhatikan fungsi tugu tersebut jika nantinya telah benar-benar berfungsi.

“Nanti pasti bakal banyak yang berhenti buat selfi. Jadi perlu diperhatikan lalu lintasnya. Jangan sampai bikin macet dan menganggu aktivitas warga,” tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.