Belum Bahas Kemiskinan Jateng, Musrenbang Tak Efektif

Ketua DPRD Jawa Tengah (Jateng), Bambang Kusriyanto, menyebut Musrenbangprov belum efektif karena belum membahas kemiskinan.

Belum Bahas Kemiskinan Jateng, Musrenbang Tak Efektif Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, mengatakan akan melakukan rasionalisasi anggaran untuk penanganan Covid-19.(Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG –– Ketua DPRD Jawa Tengah (Jateng), Bambang Kusriyanto, menilai forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jateng belum efektif. Pasalnya, Musrenbang belum dimanfaatkan kepala daerah untuk mengeksplorasi program pengentasan kemiskinan di wilayahnya.

Bambang mencontohkan pelaksanaan Musrenbang Provinsi Jateng untuk wilayah Brebes, Tegal, Pemalang (Bergasmalang) dan Pekalongan, Batang, dan Kota Pekalongan (Petalong) di Gedung Islamic Center, Kabupaten Brebes, Kamis (5/3/2020).

Ini Profil Bambang Kusriyanto, Ketua DPRD Jateng 2019-2024

Dalam Musrenbang itu, para kepala daerah justru pamer keberhasilan pembangunan di daerahnya.

“Ini tidak efektif. Di Musrenbangprov seharusnya banyak usulan program pembangunan yang yang tidak bisa di-support APBD provinsi,” ujar Bambang, Jumat (6/3/2020).

Padahal, lanjutnya, kepala daerah bisa mengusulkan program pembangunan yang tidak bisa dianggarkan APBD daerahnya, untuk dimintakan ke provinsi.

Tolak IMB Gereja, Warga ke Balai Kota Semarang

Dia menambahkan problem paling besar yang dihadapi pemerintah daerah di Jateng adalah angka kemiskinan yang masih tinggi. Program penurunan angka kemiskinan harus difokuskan di daerah, baik yang anggarannya bersumber pada APBD kabupaten/kota maupun provinsi.

“Seharusnya banyak program penurunan angka kemiskinan yang dimintakan ke provinsi. Tapi ini belum tampak,” kata Ketua DPRD Jateng itu.

Tingkat Kemiskinan Jateng Masih 10,8%

Musrenbang Provinsi Jateng merupakan kelanjutan dari rangkaian panjang pelaksanaan Musrenbang yang dimulai dari tingkat desa, kecematan, dan kabupaten/kota.

Usulan pembangunan yang dilaksanakan secara berjenjang tersebut sudah bisa disimpulkan mana yang akan dijalankan pemerintah kabupaten/kota atau pemerintah provinsi.

Kecelakaan Tragis di Semarang, Truk Trailer Tabrak 6 Motor, Balita Tewas

“Saya berharap Musrenbang ini merupakan puncak penyampaian program pembangunan yang sudah masuk dalam musrenbang sebelumnya,” kata pria yang akrab disapa Bambang Kribo itu.

Selain itu, Bambang berharap pihak eksekutif bisa menangkap usulan masyarakat yang muncul di kegiatan Musrenbang tersebut. Hal itu karena jajaran eksekutif, termasuk Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, turut hadir dalam kegiatan tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.