Ini Cara Hormati Salib saat Jumat Agung demi Tangkal Covid-19

Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko memperkenalkan tata cara penghormatan salib saat Jumat Agung 2020 seraya menangkal virus corona (covid-19).

Ini Cara Hormati Salib saat Jumat Agung demi Tangkal Covid-19 Mgr. Robertus Rubiyatmoko. (Instagram—mgr.robertus.rubiyatmoko)

Semarangpos.com, SEMARANG — Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko mengimbau tata cara penghormatan salib saat Jumat Agung 2020. Hal tersebut diharapkan mampu menangkal peredaran virus corona (covid-19) di Indonesia, terutama wilayah Keuskupan Agung Semarang.

Lewat Instagram pribadinya @mgr.robertus.rubiyatmoko, Senin (16/3/2020), ia mengunggah sebuah rekaman video tata cara penghormatan salib saat perayaan Jumat Agung 2020 mendatang.

“Saudara-saudariku umat Keuskupan Agung Semarang yang saya cintai, mari simak video dari Komsos KAS ‘Penghormatan Salib Jumat Agung 2020’,” tulisnya sebagai caption seperti yang terpantau Semarangpos.com, Selasa (17/3/2020).

Kata Anak Indigo Ada Pocong Setinggi Pohon di Hutan Tinjomoyo

Dalam captionya, Rama–biasa juga  ditulis “Romo”–Rubi, panggilan akrab Mgr. Robertus Rubiyatmoko, menjelaskan bahwa video tersebut sesuai dengan imbauan yang ia tulis terkait pencegahan covid-19 di kawasan Keuskupan Agung Semarang (KAS).

Sebagai informasi, Rama Rubi pada Rabu (4/3/2020) silam mengunggah surat tertulis tentang perubahan tata cara Ekaristi guna pencegahan virus corona. Salah satunya penghormatan salib pada Jumat Agung 2020.

Ia mengimbau saat ibadah Jumat Agung, penghormatan salib dapat dilakukan secara sederhana. Umat diharapkan berlutut atau membungkuk di hadapan salib yang telah disediakan, tanpa memegang atau menciumnya.

Tak Harus Wisata ke AS, Semarang Juga Punya Tebing Aesthetic

Karena hal itulah ia mengunggah sebuah video tentang tata cara penghormatan salib. Video dengan durasi tiga menit tersebut berasal dari channel Youtube Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) Keuskupan Agung Semarang.

Dua Cara Penghormatan

Terdapat dua cara yang ditunjukkan saat melakukan penghormatan salib misa Jumat Agung sembari menangkal covid-19. Yang pertama menghormati salib dengan membungkuk, bukan menunduk. Umat dianjurkan membungkukkan badan 90 derajat dengan tangan yang dilipat di depan dada.

Bukan Wewe Gombel, Ini Makhluk Jumbo di Hutan Tinjomoyo Semarang

Cara selanjutnya adalah melakukan penghormatan salib dengan cara berlutut. Umat bertekuk lutut dihadapan salib yang dibawa Asisten Imam. Saat berlutut, umat juga diharapkan menundukkan kepala dengan tangan yang dilipat di depan dada.

Dalam video dijelaskan jika masing-masing paroki KAS bisa membuat kebijakan sendiri, tergantung kondisi dan situasi. Menurut Komsos KAS, jika anjuran Rama Rubi diterapkan, kedua cara tersebut bisa digunakan mencegah covid-19 saat Jumat Agung.

“Jangan panik, mari kita saling menjaga kondisi tubuh supaya tetap bisa beraktivitas seperti biasanya. Berkah Dalem,” tutup Rama Rubi dalam unggahan Instagramnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.