Tutup Iklan

Kuliah Ditiadakan Karena Corona, Mahasiswa Unnes Minta UKT Dikembalikan

Mahasiswa Unnes mendesak pihak kampusnya untuk mengembalikan sebagian uang kuliah tunggal (UKT) yang telah dibayarkan, menyusul pandemi Covid-19.

Kuliah Ditiadakan Karena Corona, Mahasiswa Unnes Minta UKT Dikembalikan Panorama akses ke pusat kampus Universitas Negeri Semarang. (Antara-Zuhdiar Laeis)

Semarangpos.com, SEMARANG – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendesak kampusnya untuk mengembalikan uang kuliah tunggal (UKT) yang telah dibayarkan para mahasiswa untuk semester genap periode 2019-2020.

Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Unnes itu tidak meminta UKT dikembalikan seluruhnya. Mereka hanya meminta uang itu dikembalikan minimal 50%.

Wakil Presiden BEM KM Unnes, Didik Armansyah, mengaku ada beberapa faktor yang melatarbelakangi tuntutan mahasiswa tersebut. Salah satunya adalah situasi pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini. Pandemi Covid-19 itu membuat kegiatan perkuliahan di Unnes ditiadakan, sehingga biaya operasional kampus pun menjadi berkurang.

Tagar #UndipKokJahatSih Trending, Ini Jawaban Undip Semarang

“Ada tujuh alas an kenapa perlu adanya pengembalian UKT itu. Pertama, karena biaya operasional kampus berkurang signifikan semenjak diberlakukan kuliah daring pada 16 Maret lalu, menyusul pandemi Covid-19,” tutur Didik kepada Semarangpos.com, Minggu (3/5/2020).

Selain itu, menurut Didik, pandemi Covid-19 berdampak pada perekonomian keluarga mahasiswa. Dengan kondisi itu tidak seharusnya mahasiswa dibebani pembayaran UKT.

“Layanan pendidikan yang diberikan kampus kepada mahasiswa juga berkurang selama pandemi Covid-19. UKT merupakan salah satu komponen sumber pembiayaan operasional dan layanan pendidikan di kampus. Di kampus swasta hampir seluruh komponen pembiayaan, termasuk untuk dosen di-cover UKT, tapi di Unnes kan penggajian dosen dan tenaga pendidikan ditanggung APBN karena mereka berstatus ASN,” imbuh mahasiswa Fakultas Teknik itu.

Didik menambahkan selama pandemi Covid-19, aksesbilitas mahasiswa juga berkurang. Padahal, aksesbilitas mahasiswa seperti pemanfaatan perpustakaan, laboratorium, dan fasilitas lainnya ditopang dana dari UKT.

Temui Rektor UGM, BEM Unnes Desak Investigasi Plagiat Rektornya Diumumkan

“Akibat pandemi ini, kesempatan mahasiswa untuk menyelesaikan studi tepat waktu juga kian sulit. Bahkan, Mendikbud juga telah memberlakukan penambahan masa studi untuk jenjang S1, dari maksimal 14 semenster menjadi 15 semester,” terangnya.

Lembaga swasta

Lebih lanjut, Didik mengaku sejumlah lembaga pendidikan swasta telah mengembalikan uang SPP kepada orang tua mahasiswa. Padahal, lembaga pendidikan swasta itu masih berkewajiban membayar tenaga pendidik.

UIN Semarang dan Udinus Tunda Kuliah Kerja Nyata

Oleh karenanya, Didik pun menilai alangkah bijak jika langkah tersebut juga diikuti Unnes. Terlebih, kampus yang terpusat di kawasan Gunungpati Semarang itu merupakan lembaga perguruan tinggi negeri (PTN).

 

View this post on Instagram

 

Hidup mahasiswa.! Hidup Rakyat Indonesia.! Hidup Pendidikan Indonesia.! . Mencerdaskan kehidupan bangsa, merupakan salah satu tujuan Negara yang harus diwujudkan. Nalar kritis Mahasiswa tidak akan tumpul, hanya karena virus Corona. Saat orang-orang ramai dengan #DirumahSaja, Mahasiswa Unnes mulai memikirkan hak atas UKT yang sudah dibayar. . *7 Alasan UKT harus dikembalikan* : 1. Biaya operasional kampus berkurang signifikan. 2. Daya beli orang tua dan mahasiswa melemah akibat pandemi covid 19. 3. Sejumlah lembaga pendidikan swasta sudah mengembalikan SPP kepada orang tua. 4. Layanan pendidikan yang diberikan oleh kampus kepada mahasiswa berkurang signifikan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. 5. UKT merupakan salah satu komponen sumber pembiayaan operasional dan layanan pendidikan di kampus. 6. Berkurangnya aksesibilitas mahasiswa sebagai pembayar UKT terhadap fasilitas kampus. 7. Kesempatan mahasiswa untuk menyelesaikan studi tepat waktu menjadi semakin sulit. . #KembalikanUkt #CashBackUkt #EfekCorona #SaveMahasiswa #MahasiswaMenuntut ————————————————— BEM KM UNNES 2020 Kabinet Peran Milenial ———————————————————– FB : Bem Km Unnes FP : BEM KM UNNES TW : @bemkmunnes IG : @bemkmunnes Web : bemkm.unnes.ac.id

A post shared by BEM KM UNNES (@bemkmunnes) on

“Sebelum menyampaikan tuntutan ini, kami juga telah menyerap aspirasi, melakukan observasi, diskusi dan konsolidasi dengan teman-teman mahasiswa,” tegas Didik.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.