Pasien Positif Virus Corona di Solo Tambah 1 Orang

Jumlah pasien yang positif terjangkit virus corona atau Covid-19 di RSUD Dr. Moewardi, Jawa Tengah (Jateng) bertambah menjadi tiga orang.

Pasien Positif Virus Corona di Solo Tambah 1 Orang Ilustrasi penanganan pasien virus corona. (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pasien positif virus corona atau Covid-19 yang menjalani isolasi di RSUD Dr. Moewardi, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), bertambah satu.

Bertambahnya pasien positif Covid-19 di Solo itu disampaikan langsung Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menggelar sesi jumpa pers di kantornya, Selasa (17/3/2020).

“Hari ini ada dua kasus baru, 1 meninggal, laki-laki usia 43 tahun dirawat di RSUP Dr. Kariadi Semarang, sudah dirawat 10 hari. Satunya lagi, perempuan usia 43 tahun dirawat di RSUD Dr. Moewardi Solo,” ujar Ganjar.

Ini yang Dilakukan Pengusaha Truk Jateng Jika Lock Down Berlaku…

Dengan tambahan dua pasien itu, maka total sudah ada enam pasien yang dinyatakan positif virus corona yang dirawat di Jateng.

Enam pasien itu, dua di antaranya meninggal dunia yakni di Semarang dan Solo, Rabu (11/3/2020). Sementara, empat pasien positif virus corona yang masih menjalani perawatan dua di antaranya berada di Solo, sedangkan dua lainnya di Semarang dan RSUD Tidar Magelang.

Ganjar mengatakan semenjak merebaknya wabah virus corona total sudah ada 1.005 orang dalam pemantauan (ODP) di Jateng.

“Sedangkan PDP [pasien dalam pengawasan] ada 69 orang, yang masih dirawat 42 orang, dan pulang dalam keadaan sehat 24 orang,” terang Ganjar.

Update! Pasien Virus Corona di Semarang Meninggal

Sementara untuk tiga pasien yang masuk dalam status PDP telah meninggal dunia. Meski demikian, tiga PDP itu meninggal dunia bukan karena disebabkan virus corona atau Covid-19.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan satu pasien yang dinyatakan positif corona di Solo itu berasal dari klaster rombongan seminar di Bogor.

Seminar di Bogor

Pasien perempuan yang dinyatakan positif terjangkit virus corona itu merupakan keluarga dari pasien yang sebelumnya telah dinyatakan positif dan menjalani perawatan di RSUD Dr. Moewardi.

“Jadi, hingga saat ini sudah ada 3 pasien yang dinyatakan positif di Solo. Satu di antaranya meninggal dunia. Jadi masih 2 pasien yang dirawat,” ujar Yulianto.

Terbukti, MV Colombus Bawa Penumpang Covid-19

Meski demikian, Yulianto tidak menyebutkan secara pasti apakah pasien yang baru dinyatakan positif virus corona itu berasal dari keluarga pasien pertama atau kedua.

Ia hanya menyebutkan jika pasien baru itu tidak mengikuti rombongan seminar, melainkan tertular dari pasien sebelumnya.

“Dia anggota keluarga pasien yang sebelumnya dinyatakan positif. Dia bukan peserta seminar, tapi anggota keluarga,” terang Yulianto singkat.

Pasien Positif Corona di Solo 2 Orang, 1 Meninggal

Sebelumnya, dua pasien di RSUD Dr. Moewardi Solo yang telah dinyatakan positif virus corona diketahui mengikuti seminar di Bogor, 25-28 Februari 2020.

Dari dua pasien itu, satu di antaranya telah meninggal dunia, Rabu (11/3/2020). Sementara, satu pasien lagi masih dirawat hingga kini.

“Pasien yang satu lagi hingga saat ini masih menjalani perawatan. Kondisinya berangsur-angsur membaik,” tegas Yulianto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.