Penumpang Bus di Terminal Tingkir Salatiga Terpantau Demam

Dinas Perhubungan Salatiga memantau angkutan umum luar daerah di Terminal Tingkir dan depan Satlantas Salatiga selama pandemi virus corona (covid-19).

Penumpang Bus di Terminal Tingkir Salatiga Terpantau Demam Petugas Dinas Perhubungan Kota Salatiga memeriksa identitas penumpang bus yang turun di Terminal Tingkir, Kota Salatiga, Senin (30/3/2020). Pemeriksaan dilakukan untuk mencegah persebaran virus corona atau Covid-19. (Semarangpos.com-Dishub Salatiga)

Semarangpos.com, SALATIGA — Dinas Perhubungan Salatiga memantau angkutan umum luar daerah selama pandemi virus corona (covid-19). Seorang penumpang bus di Terminal Tingkir terpantau menderita demam disertai flu dan batuk selama masa pemantauan angkutan umum luar daerah.

Penumpang laki-laki itu menaiki bus dari Bogor, Jawa Barat menuju Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bus yang dia tumpangi transit di Terminal Tingkir Salatiga dan saat itulah ia terpantau tim pemantau.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga, Sidqon Effendi, mengatakan penumpang itu tiba di Terminal Tingkir awal pekan lalu.  Dia langsung dijemput petugas medis Kabupaten Semarang dan aparat Polsek Getasan. “Penanganan itu sudah sesuai prosedur,” ujar Sidqon, Senin (20/3/2020).

Pengusaha Kuliner Semarang Mulai Dirugikan Pandemi Covid-19

Sementara pada pemantauan Senin dua penumpang bus yang turun di Salatiga diharuskan menjalani karantina mandiri karena suhu tubuh mencapai 37,5° celsius. Pemantauan angkutan umum luar daerah ini dilakukan Dishub Kota Salatiga menyusul masifnya gelombang pemudik dari luar daerah yang berdatangan.

Dishub mengantisipasi persebaran virus corona atau covid-19 dari pemudik yang berdatangan. Kenaikan volume itu terjadi sejak masa libur Nyepi pekan lalu.

Di Depan Satlantas

Saat ini, Dishub Salatiga sudah menjalin kerja sama dengan Terminal Tingkir yang dikelola provinsi. Langkah yang sudah ditempuh adalah melakukan pemeriksaan kesehatan penumpang dan pendataan bus yang menurunkan penumpangnya di terminal Salatiga.

Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan di depan kantor Satlantas Polres Salatiga. Kendati demikian, Sidqon belum mendata jumlah pemudik yang berdatangan ke wilayah Salatiga. “Lagi pula tidak semua pemudik turun di terminal dan tidak semuanya menumpang bus,” imbuh dia.

Yuk, Habiskan Waktu Liburan di Eling Bening Ambarawa!

Selain itu, Dishub juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan terminal. Serta menyediakan area cuci tangan bagi para pemudik.

Terpisah, Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengungkapkan dalam beberapa hari ini mulai ada eksodus pemudik dini dari wilayah Jabodetabek ke Salatiga.

“Mereka masuk melalui Terminal Tingkir. Sehingga ada petugas yang jaga di Terminal Tingkir. Kalau ada ditemukan tanda-tanda penumpang yang terindikasi, langsung diisolasi. Ini langkah antisipasi,” tegasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.