Positif Corona Salatiga Bertambah, Kali Ini Pelaju asal Blotongan

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Salatiga kembali bertambah sehingga total ada tujuh orang pasien yang dinyatakan positif virus corona.

Positif Corona Salatiga Bertambah, Kali Ini Pelaju asal Blotongan Ilustrasi alat rapid test corona. (Youtube)

Semarangpos.com, SALATIGA — Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Salatiga, Jawa Tengah kembali bertambah, Selasa (21/4/2020). Kini, total ada tujuh orang pasien yang dinyatakan positif terpapar virus corona. Pasien ketujuh diketahui sebagai warga Kelurahan Blotongan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga.

“Hari ini tambah satu hingga total tujuh pasien terkonfirmasi positif,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah.

Dia menambahkan pasien ketujuh positif corona Salatiga ini berjenis kelamin laki-laki berusia 50 tahun. Sehari-hari dia merupakan pelaju dari Salatiga ke Kota Semarang untuk bekerja sebagai wiraswasta. Aktivitas inilah yang diduga menjadi sumber penularan Covid-19.

Bikin Haru, 2 Bocah Sumbangkan Uang Tabungan ke Ganjar Pranowo…

Pasien positif corona Salatiga tersebut telah menjalani tes swab sebanyak dua kali, hasil swab pertama dinyatakan negatif namun pada swab kedua pasien terkonfirmasi positif. “Gejala awal pun dulunya seperti demam berdarah,” kata Zuraidah.

Sebelum dinyatakan positif pasien tersebut berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19. Saat ini, pasien ketujuh tersebut masih dirawat intensif di RSP dr. Ario Wirawan Salatiga.

Masih Kerabat

Sebelumnya, dua pasien yang juga terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (20/4/2020) diketahui berjenis kelamin laki-laki. Keduanya (pasien kelima dan keenam) merupakan kerabat dari pasien positif keempat.

Mereka diduga tertular dari pasien keempat tersebut. Data yang dirilis Pemerintah Kota Salatiga juga menunjukkan empat orang positif Covid-19 yakni pasien positif ketiga, keempat, kelima, dan keenam tinggal di Kelurahan Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir.

Gadis Indigo Lihat Penghuni Bekas Kantor Semarang Seperti Film Insidious

Dengan bertambahnya satu pasien positif, jumlah orang tanpa gejala (OTG) di Kota Salatiga melonjak. Klasifikasi ini diberikan kepada warga Salatiga yang berkontak langsung dengan pasien positif Covid-19 namun tidak menunjukkan gejala.

Data terakhir menunjukkan jumlah total OTG kini 207 orang, atau naik 43 orang dari sehari sebelumnya. Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) turun dari 14 orang pada Senin. Di lain sisi, pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah satu orang sehingga kini totalnya menjadi tiga orang. Ketiganya masih menunggu hasil laboratorium untuk menentukan apakah mereka positif terpapar Covid-19.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan pasien positif pertama di Salatiga pada 1 April 2020. Pasien pertama berjenis kelamin laki-laki itu merupakan warga Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo. Dia berprofesi sebagai dosen di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Seminggu kemudian, pasien terkonfirmasi positif kedua diumumkan. Dia pernah menjalin kontak erat dengan pasien pertama.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.